Sambut Peringatan Hari Armada RI, Dankodikmar Kodiklatal Laksanakan Ziarah Nasional

Surabaya,  koranpelita.com

Dalam rangka menyambut Hari Armada RepubIik Indonesia Ke – 78 Tahun 2023, Komandan Kodikmar (Dankodikmar) Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Samson Sitohang melaksanakan ziarah nasional yang dipimpin oleh Kaskoarmada II, Laksamana Pertama TNI Isswarto selaku Inspektur Upacara (Irup), bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sepuluh Nopember, Jl. Mayjen Sungkono No. 190 Kota Surabaya. Senin (04/12/2023).

Adapun Tema yang diangkat pada peringatan Hari Armada RI Ke 78 Tahun 2023 kali ini adalah “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju” yang acara puncaknya nanti diperingati pada tanggal 5 Desember 2023.

Kegiatan ziarah digelar dengan prosesi upacara, diawali penghormatan kepada arwah Pahlawan. Dilanjutkan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga di Tugu Taman Makam Pahlawan. Usai upacara, Brigjen TNI Marinir Samson Sitohang melaksanakan prosesi tabur bunga ke pusara para pahlawan yang juga dilaksanakan oleh para peserta ziarah lainnya.

Suasana khidmat tampak selama upacara ziarah berlangsung. Usai rangkaian prosesi digelar, dilakukan penghormatan terakhir kepada arwah para Pahlawan serta mendoakan arwah para pahlawan yang telah gugur demi kepentingan Bangsa dan Negara tercinta.

Ziarah ke Makam Pahlawan ini rutin digelar setiap tahun dalam rangka bagian dari perayaan Hari Armada RI. Ziarah ini juga merupakan bentuk penghormatan para prajurit TNI kepada para Pahlawan yang gugur saat memertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Sehingga diharapkan para prajurit TNI berjuang mengisi kemerdekaan dengan dharma bakti di bidang masing-masing.

Dalam rangka memperingati Hari Armada RI Tahun 2023 juga dilaksanakan berbagai macam perlombaan, diantaranya; lomba olah raga, donor darah, bakti sosial, bersih-bersih lingkungan, pencanangan wisata TNI AL, upacara tabur bunga di KRI dr. Soeharso-990 dan acara puncak Upacara Militer Hari Armada yang dilaksanakan secara terpusat di Pondok Dayung Jakarta Utara pada tanggal 5 Desember 2023 yang diikuti secara serentak seluruh jajaran Koarmada RI.(ay)

About ahmad yani

Check Also

UNSUR TNI AL KRI BUBARA-868 BANTU PENANGGULANGAN KEBAKARAN KM ALEXINDO 8 DI PERAIRAN BATAM

Batam,  koranpelita.com Unsur TNI Angkatan Laut (TNI AL) yaitu KRI Bubara-868 BKO Danguskamla Koarmada I, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.