Latihan Peperangan Elektronika TNI AL, Tingkatkan Kemampuan Operasi Laut Secara Komprehensif

Jakarta,  koranpelita.com

“Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi militer dewasa ini maka kemampuan peperangan elektronika suatu negara menjadi sangat penting, dikarenakan peranannya yang sangat strategis dalam menentukan keberhasilan suatu operasi termasuk operasi laut”.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Dan Elektronika TNI Angkatan Laut (Diskomlekal) Laksamana Pertama TNI Anang Sufiantono saat membuka Latihan Peperangan Elektronika TA 2023 yang dilaksanakan di wilayah Kerja Koarmada I dan Koarmada II dalam rangka mendukung tugas-tugas TNI Angkatan Laut, Senin (16/10).

Lebih lanjut Kadiskomlekal dalam sambutannya menyampaikan bahwa selain dibutuhkan peningkatan kemampuan peralatan pernika, juga dibutuhkan personel yang memiliki tingkat pengetahuan dan ketrampilan yang baik, guna meningkatkan seluruh aspek kemampuan peperangan elektronika TNI Angkatan Laut, yang meliputi kemampuan, electronic warfare support, electronic protection maupun electronic attack.

“Untuk itu, penyelenggaraan latihan pernika yang komprehensif, bertingkat dan berlanjut, diharapkan akan dapat menghasilkan personel-personel yang handal yang pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan peperangan elektronika TNI Angkatan Laut”, ungkap Laksamana Pertama TNI Anang Sufiantono.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan, profesionalisme serta kesiapan operasional personel pengawak dan sistem pernika pada unsur-unsur TNI Angkatan Laut dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut pada pelaksanaan Operasi Gabungan TNI.

Pelaksanaan Latihan Peperangan Elektronika digelar selama 11 hari, mulai tanggal 16 sampai dengan 26 Oktober 2023 di dua tempat berbeda, yaitu sebagai Tempat Latihan berlokasi di Mabesal, Mako Armada I/II, Mako Kolinlamil, Mako Pasmar 1/2, dan Puspenerbal sedangkan daerah Latihan berada di Wilayah kerja Koarmada I dan Koarmada II.

Dengan melibatkan 244 personel, pelaksanaan latihan ini diikuti personel TNI AL dari berbagai satuan. Dalam latihan ini para personel yang terlibat Latihan Peperangan Elektronika akan dibekali materi tentang Dukungan Elektronika (Electronic-Warfare Support/ES), Perlindungan elektronika (Electronic Protection/EP), hingga Serangan Elektronika (Electronic Attack / EA).

Pelatihan Peperangan Elektronika TA 2023 merupakan langkah dalam pelaksanaan program prioritas Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu guna meningkatkan kesiapan operasional Alutsista serta pengembangan SDM TNI AL yang unggul untuk menjawab tugas-tugas multi dimensi kedepannya.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Jam Kadispen Kodiklatal, Sebagai Wadah Kebersamaan Dengan Personelnya

Surabaya, koranpelita.com “Satu hal yang perlu diperhatikan oleh personel penerangan di jajaran Dinas Penerangan (Dispen) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca