Pemkot Semarang Serahkan Kunci Rusun Semarang Hebat bagi Warga Eks Kebonharjo

Semarang,koranpelita.com

Pemerintah Kota Semarang bersama dengan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa, melakukan penyerahan kunci Rumah Susun Semarang Hebat kepada warga eks Kebonharjo (Rusun Sawah Besar Tower 3).

Turut hadir dalam acara tersebut anggota DPR-RI periode 2019–2024, Mochamad Herviano. Acara ini juga sebagai wujud menyambut Hari Perumahan Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Agustus nanti.

“Saya mewakili teman-teman warga eks Kebonharjo mengucapkan matur nuwun, terima kasih. Warga Kebonharjo yang terdampak program revitalisasi rel kereta api (double track) dapat masuk (tinggal) di Rusun ini,” tutur wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu Rabu (9/8/2023).

“Banyak yang ngantri mau masuk di sini karena rusunnya ini sudah seperti apartemen. Tapi memang harus selalu dijaga kebersihannya,” imbuh Mbak Ita, sapaan akrab wali kota Semarang.

Rusun Semarang Hebat adalah hasil kolaborasi Kementerian PUPR, melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, yang membangun rusun dengan Pemkot Semarang selaku penyedia lahan dan penambah fasilitas pendukung.

Rumah susun Sawah Besar tower 3 ini dibangun tahun 2022 yang memiliki 3 lantai dan kapasitas 42 unit. Luas tiap unit mencapai 36 m2, dengan 2 kamar tidur, ruang tamu, dapur serta dilengkapi mebelair.

“Saya mewakili pemerintah dan masyarakat Kota Semarang menghaturkan selamat hari perumahan nasional tahun 2023. Semoga Kementerian PUPR dan khususnya perumahan ini bisa memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat,” kata Mbak Ita.

Sebelumnya telah dibangun dua tower Rusunawa Sawah Besar yang ditempati masyarakat, terdampak pembangunan normalisasi Banjir Kanal Timur (BKT) di Kota Semarang sejumlah 336 warga.

Mbak Ita berharap ke depannya kolaborasi pembangunan rusunawa dapat terus dilakukan guna menyediakan tempat tinggal layak huni bagi masyarakat Kota Semarang.

Sementara itu, Kepala Balai Penyedia Perumahan Jawa III Kementrian PUPR, Salahudin Rasyid memberikan sinyal positif mengenai rencana pembangunan rusunawa Tower 4. Pihaknya menyebut siap melakukan eksekusi dan tinggal menunggu arahan dari Menteri PUPR mengenai jadwal pembangunan.

“Tower 3 ini kita sudah ada berita acara serah kelola, artinya meskipun asetnya belum 100% diserahkan dan masih berproses melalui Kementerian Keuangan karena di atas 10 miliar.”

Tapi masalah ini sudah langsung bisa digunakan dengan berita acara setelah kelola. ” Kami mohon pengawasan ibu wali kota dan juga nasyarakat untuk merawat rusunawa ini,” tandas Salahudin.(sup)

About koran pelita

Check Also

Dapat SK Rekomendasi DPP, Hasnuriyadi Serahkan Berkas Lamaran Balongub Ke DPD Golkar Kalsel

Banjarmasin, Koranpelita.com Usai dapat SK Rekomendasi untuk pencalonan sebagai gubernur/wakil gubernur dari  DPP Partai Golkar, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca