PENYELAM 12 NEGARA PESERTA MNEK 2023 NIKMATI KEINDAHAN BAWAH LAUT PULAU SAMALONA

Makassar,  koranpelita.com

Keindahan alam bawah laut perairan Makassar, Sulawesi Selatan menarik peserta 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 untuk menikmati dengan menyelam disekitar perairan pulau Samalona, Selasa (6/6).

TNI Angkatan Laut memberikan kesempatan kepada para peserta MNEK 2023 untuk menikmati salah satu spot diving terbaik bagi para penyelam yakni Pulau Samalona.

Peserta MNEK 2023 yang mengikuti fun diving dan snorkelling di perairan Pulau Samalona sebanyak 12 Negara yakni dari Amerika US Navy, Rusia Navy, Korsel Navy, Italia Navy, Malaysia TLDM, Vietnam, Jepang, Pakistan, China Navy, Filiphina Navy, Australia dan India.

Untuk menuju Pulau Samalona, para peserta MNEK 2023 harus menempuh jarak sekitar 6 kilometer dengan menggunakan kapal motor penyeberangan dari Makassar. Perjalanan dari dermaga kota Makassar perjalanan menuju Pulau Samalona memerlukan waktu sekitar 30 menit.

Para peserta tampak takjub saat tiba di Pulau Samalona, Mereka disambut hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Perairan pulau Samalona yang jernih dan tenang semakin memberikan daya tarik tersendiri, dan bahkan sebelum melakukan diving dan snorkelling, mereka disuguhkan dengan indahnya terumbu karang yang bisa disaksikan langsung dari atas kapal.

Luas Pulau Samalona memang hanya sekitar 2 hektare, walaupun kecil ukuran pulau ini dilengkapi berbagai fasilitas penunjang bagi wisatawan. Di antaranya adalah fasilitas penginapan, kamar bilas yang tersebar di pantai, dan beberapa tempat yang menyajikan makanan.

Pulau Samalona dikenal sebagai surga snorkelling dan diving berkat pemandangan bawah laut menawan. Ikon yang paling terkenal wisata perairan di Makassar ini adalah ikan Nemo yang biasanya bergerombol di karang dan bisa dijumpai dengan menyelam pada kedalaman antara 2- 12 meter. Penyelam pemula atau para wisatawan yang ingin snorkelling biasanya singgah di spot diving yang terdapat kerumunan ikan Nemo.

Selain ikan Nemo, penyelam bisa melanjutkan keindahan yang lain, yaitu di spot Barracuda di sebelah selatan pulau Samalona dengan menyelam pada kedalaman 28 meter, sehingga para peserta MNEK 2023 bisa bertemu dan melihat gerombolan ikan Barracuda. Bukan itu saja, terumbu karangnya juga sangat indah dan berwarna-warni. Akan tetapi arus pada spot ini akan semakin kencang saat siang hingga sore hari, sehingga disarankan jika ingin menyelam menikmati keindahan alam bawah laut pulau Samalona dilakukan saat pagi hari atau sebelum arus laut menjadi lebih kencang.

Ada juga spot diving di sekitar mercusuar sisi utara pulau Samalona dengan kedalaman 3-24 meter. Dapat terlihat keelokan terumbu karang dan tidak jarang penyelam menjumpai penyu yang berada pada kedalaman sekitar 8-10 meter.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali mengungkapkan kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 selain untuk meningkatkan kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat, penyelenggaraan MNEK 2023 juga berdampak positif bagi perekonomian di Sulawesi Selatan ini.

“Kehadiran negara-negara sahabat dalam MNEK 2023 diharapkan bisa menikmati sejumlah obyek wisata di Sulawesi Selatan. Dan tentu pelaksanaan MNEK dapat membantu menstimulasi perekonomian masyarakat Sulawesi Selatan pada sektor pariwisata,” ujar Kasal.(ay)

About ahmad yani

Check Also

TNI AL Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat

Jakarta, koranpelita.com Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma mewakili …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca