Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Siswa Diktukba TNI AL Angkatan LII Pusdiktek Kodiklatal Lattek Peknubika

Surabaya, Koranpelita.com

Dalam rangka meningkatkan kemampuan sebagai Juru I Bintara Urusan Mesin di KRI, Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI Angkatan Laut Angkatan Ke-52 Kejuruan Mesin dan Listrik yang saat ini sedang menempuh pendidikan Tahap Dasar Golongan Lanjutan (Sargolan) di Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum), Kodiklatal mengikuti Latihan Praktek (Lattek) Penyelamatan Kapal, Nuklir, Biologi dan Kimia (Peknubika), Kamis, (18/11/2021).

Lattek Penyelamatan Kapal di Pusat Penyelamatan Kapal, Nuklir, Biologi dan Kimia (Puspeknubika) Kodikdukum tersebut rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari, dibuka oleh Komandan Pusdiktek (Danpsudiktek) Kodikdukum Kolonel Laut (T) Muh. Syarif, S.T., M.A.P selaku Direktur Latihan (Dirlat) Lattek Peknubika siswa Diktukba TNI AL Angkatan Ke-52 Kejuruan Mesin dan Listrik.

Tampak hadir dalam acara tersebut Komandan Puspeknubika Kolonel Laut (T) Edward D.R. Pasaribu, S.T., M.M, Komandan Sekolah Bintara Pusdiktek Letkol Laut (T) Sungkono, A.Md. sebagai Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Lattek Siswa Diktukba serta Komandan Sekolah Perwira dan Komandan Sekolah Tamtama Pusdiktek.

Danpsudiktek Kodikdukum Kolonel Laut (T) Muh. Syarif, S.T., M.A.P dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari Lattek ini adalah untuk membekali para siswa dengan mata pelajaran Lattek Peknubika agar memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang penyelamatan kapal dan bahaya nubika, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan TNI/TNI Angkatan Laut sebagai Juru I Bintara Urusan Permesinan di KRI.

Sedangkan sasaran Lattek yaitu para siswa mampu melaksanakan prosedur organisasi PEK dengan baik dan benar, melaksanakan prosedur penggunaan alat-alat PEK dengan baik dan benar, mengatasi kebocoran dalam kapal dengan baik dan benar dan mengatasi dan melaksanakan pemadaman kebakaran secara prosedur dengan baik dan benar.

Dalam pelaksanaan Lattek Peknubika ini diberikan berbagai materi berkaitan dengan organisasi PEK, prosedur menggunakan alat-alat pemadam, mengatasi kebocoran kapal dan penyelamatan dokumen serta mengatasi pemadaman kebakaran dan penyelamatan dokumen.

Selesai mengikuti Lattek ini diharapkan siswa mampu melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan penyelematan kapal dan penanggulangan bahaya nubika dengan baik dan benar, sehingga diharapkan bisa menjadi prajurit TNI AL yang unggul, profesional dan modern sesuai bidang tugasnya.

Disisi lain Danpusdiktek ini menyampaikan dengan melihat situasi kondisi saat ini khususnya dimasa Pandemi Covid-19 proses pembelajaran yang dilaksanakan di Kodiklatal harus tetap terlaksana dengan baik agar bekal pengetahuan dan keterampilan yang diberikan kepada siswa bisa optimal, oleh sebab itu protokol kesehatan untuk mencegah tertularnya Covid-19 harus ditaati dengan disiplin yaitu memakai masker selama kegiatan lattek berlangsung dan juga pada setiap kegiatan apapun yang dilaksanakan oleh siswa, mencuci tangan sesering mungkin baik sebelum Lattek maupun sesudah Lattek, menjaga jarak selama kegiatan latihan, menghidari kerumunan seoptimal mungkin dan membatasi mobilitas untuk menghindari terpapar Virus Covid-19.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Jalasenastri Peduli dan Berbagi Bencana Alam Semeru

Lumajang, Koranpelita.com Ny. Vero Yudo Margono selaku Pengurus Pusat Jalasenastri peduli dan berbagi menyerahkan bantuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *