Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor

Gubernur Kalsel Sampaikan Rancangan APBD Tahun 2022, di Rapat Paripurna Dewan.

Banjarmasin, Koranpelita.com

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor menyampaikan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

Rancangan nota APBD 2022 tersebut disampaikan dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel dipimpin H Supian HK, di Banjarmasin, Kamis (28/10/2021).

H Sahbirin Noor menyebutkan, penyusunan rancangan APBD Tahun 2022 didasarkan prinsip, diantaranya mempertimbangkan kebutuhan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan kemampuan pendapatan daerah dan tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

“Berpedoman pada RKPD, KUA dan PPAS tepat waktu, sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan, serta dilakukan secara tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab, dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan, manfaat untuk masyarakat dan taat pada ketentuan peraturan perundang-undangan, ” jelasnya.

Selain itu, APBD merupakan dasar bagi pemerintah daerah untuk melakukan penerimaan dan pengeluaran daerah.

Lebih lanjut, H Sahbirin Noor mengungkapkan untuk pendapatan daerah pada rancangan APBD 2022 sebesar Rp5.564.601.747.410. dan belanja daerah sebesar Rp5.529.601.747.410.

Berdasarkan jumlah pendapatan daerah dan jumlah belanja daerah dimaksud, terdapat selisih lebih (surplus) sebesar Rp35.000.000.000.

“Jumlah pendapatan daerah dan belanja daerah tersebut, diluar pendapatan/belanja yang bersumber dari dana DAK fisik dan DAK non fisik, “kata dia.

Pada rapat paripurna dihadiri Kepala SKPD, forum pimpinan daerah, serta para undangan lainya, gubernur mengajak pihak-pihak terkait untuk menggali dan mengoptimalkan potensi daerah, bekerja dengan sepenuh hati, untuk membangun Banua Kalsel, sehingga menjadikan Kalsel Maju (Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan) sebagai gerbang ibukota negara.

Sebelumnya pimpinan rapat paripurna yang juga ketua DPRD Kalsel H Supian HK menjelaskan, rapat paripurna yan digelar di gedung H. Mansyah Addrian Gedung DPRD setempat, berdasarkan Keputusan Pimpinan DPRD Kalsel
Nomor 419/DPRD/KP/2021 tentang Materi dan Jadwal Kegiatan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Bulan Oktober Tahun 2021.

Kedua, Pengucapan Sumpah/ Janji Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Pengganti Antar Waktu
(PAW) sisa masa jabatan 2019-2024
Penjelasan Gubernur Kalsel.
Ketiga, terhadap Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2022.(pik)

About kalselsatu

Check Also

Monitoring Pembangunan Peternakan di Tabalong untuk Pemenuhan Pangan Hewani IKN Nusantara, Bang Dhin: Ini Harus Jadi Perhatian Pemerintah

Tanjung, koranpelita.com Kabupaten Tabalong menjadi salah satu pintu gerbang menuju Ibukota Negara (IKN) Nusantara di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca