Jelang Praspa Siswa Diktukpa Angkatan LI dan Diktupakat TNI AL TA 2021 Dapatkan Pembekalan Dankodiklatal

 

Surabaya, Koranpelita.com

Menjelang pelaksanaan Prasetya Perwira (Praspa) sebanyak 758 siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan LI dan Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktupakat) TA 2021 mendapatkan pembekalan dari Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat yang dilaksanakan di Gedung Moeljadi dan Gedung Martadinata Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Selasa, (19/10/2021).

Ke-758 siswa ini terdiri 469 siswa Diktukpa Angkatan LI dengan rincian 100 orang Siswa Korps Pelaut, 76 orang siswa Korps Teknik, 46 orang siswa Korps Elektronika, 93 orang Korps Suplai, 27 orang Korps Kesehatan, 19 orang Korps Pomal, 23 orang Korps Khusus dan 85 orang siswa Korps Marinir.

Sedangkan 289 orang sisanya merupakan siswa Diktupakat TA 2021 dengan rincian 80 orang Siswa Korps Pelaut, 58 orang siswa Korps Teknik, 29 orang Korps Elektronika, 25 orang Korps Suplai, 2 orang Korps Kesehatan, 11 orang Korps Pomal, 26 orang Korps Khusus dan 55 orang siswa Korps Marinir.

Dalam pembekalannya Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat menyampaikan bahwa figur hasil didik Kodiklatal yang diharapkan adalah Bermoral yaitu memiliki kualitas personel yang sensitif, humanistik dan peduli pada manusia dan masyarakat. Profesional yaitu memiliki penguasaan keilmuan atau keahlian, jiwa korsa, etika dan tanggung jawab. Berani yaitu memiliki karakter berani menghadapi dan menciptakan perubahan dalam arti positif dan berani mengambil keputusan serta berani menghadapi resiko meskipun hal itu mengancam jiwa raga.

Dalam kesempatan tersebut Dankodiklatal juga melaksanakan interaksi dan dialog dengan siswa mengenai makna Diktukpa bagi siswa, tantangan Diktukpa saat penempatan berikut cara mengatasi tantangan, rencana penugasan kedepan, apa saja yang sudah disiapkan dalam menghadapi penugasan, peran dalam satuan sebagai perwira berikut cara mendapatkan keberhasilan dalam satuan dan cara memelihara prestasi dalam satuan.

Disisi lain Dankodiklatal juga menyampaikan bahwa saat ini para Perwira memiliki tantangan berat dalam menjaga stabilitas dan soliditas karena di sini telah terjadi Revolusi Industri 4.0 yang berpengaruh terhadap kehidupan perwira. Adapun pengaruh kemajuan Iptek hal yang positif adalah mempermudah komunikasi, memperpendek rentang waktu penyebaran informasi, serta dapat mengetahui perkembangan dunia dengan cepat. Sedangkan implikasinya, apabila salah menyikapi akan terjadi perang opini, black Compain dan hoax.

Diakhir pembekalan Dankodiklatal berpesan setelah dilantik perwira agar selalu mengaplikasikan Saptamarga dalam kehidupan sehari hari, meningkatkan profesioanlisme, menjaga soliditas kesatuan, memimpin dengan hati dan pikiran selalu menjaga lingkungan kerja. Selain itu ucapkan juga mengucapkan terimakasih bahwa para siswa selama pendidikan menegakkan protokol kesehatan, melaksanakan tatatertib pendidikan, bekerja sama dengan siswa lainya , memberi contoh dan tauladan sebagai perwira siswa dan telah menggunakan fasilitas pendidikan dengan baik.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Jalasenastri Peduli dan Berbagi Bencana Alam Semeru

Lumajang, Koranpelita.com Ny. Vero Yudo Margono selaku Pengurus Pusat Jalasenastri peduli dan berbagi menyerahkan bantuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *