Kodiklatal Didik Calon Bintara Prajurit Program Diktukbakat TA 2021

 

Sidoarjo, Koranpelita.com

Setelah sebelumnya dinyatakan lolos dalam Sidang Penentuan Akhir (Pantukhir), TNI AL dalam hal ini Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) kembali mendidik Prajurit Calon Bintara dalam program Pendidikan Pembentukan Bintara Singkat (Diktukbakat) Tahun Anggaran (TA) 2021 yang dibuka langsung Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat, Jumat, (24/9/2021).

Pembukaan pendidikan yang dilaksanakan di lapangan Samudera Kesatrian Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo tersebut diikuti 1.030 personil terdiri Korps Pelaut, teknik, elektro, Suplay, pomal kesehatan dan marinir. Hadir dalam pembukaan tersebut para pejabat utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal, para Direktur, para Komandan Kodik dan Pusdik dilingkungan Kodiklatal.

Dalam amanatnya Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para siswa untuk masuk dalam pendidikan Diktukbakat tahun anggaran 2021. Adapun Diktukbakat ini akan dilaksanakan selama satu bulan dan bertujuan untuk mendidik, membekali dan membentuk para siswa agar mampu bersikap dan berperilaku sebagai prajurit pejuang sapta marga, yang memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis di bidang dasar keprajuritan dan dasar kebintaraan matra laut serta kesamaptaan jasmani sesuai standar binjas TNI maupun TNI AL, sehingga dapat mengaplikasikan dalam kedinasan sebagai bintara TNI AL.

Dankodiklatal berharap agar dalam melaksanakan pendidikan, para siswa menunjukkan yang terbaik karena yang mengikuti pendidikan ini adalah prajurit terpilih serta telah dinyatakan lulus tes kesehatan dan kesamaptaan jasmani, sehingga siap dididik untuk menjadi bintara TNI AL yang bermoral, profesional dan berani.

Sebelum mengakhiri amanat, ada beberapa arahan dari Dankodiklatal yang perlu dipedomani dalam melaksanakan pendidikan antara lain meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT agar mampu menyelesaikan pendidikan ini dengan baik, aman dan lancar. Menjaga kesehatan karena pembinaan fisik dan mental dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Prajurit yang tanggap, tanggon dan trengginas.

Selain itu agar mengikuti semua perintah kegiatan dengan tekad dan semangat yang tinggi, tegakkan disiplin pribadi dan peraturan dinas dalam yang ditetapkan. Memupuk jiwa korsa diantara siswa guna mendukung tugas-tugas selama dalam pendidikan dan menjaga etika profesionalisme sebagai anggota militer.

Penekanan lainya agar melaksanakan semua perintah dengan penuh tanggung jawab serta jangan pernah melakukan pelanggaran yang bisa membuat para siswa dikembalikan ke satuan. Mematuhi dan laksanakan protokol covid-19 dengan disiplin yang tinggi dimanapun para siswa belajar dan berlatih.

Sedangkan kepada Komandan Puslatdiksarmil khususnya Komandan Sekolah Bintara beserta para instruktur dan pembimbing siswa, Dankodiklatal berharap agar dapat melaksanakan program pendidikan ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Tambah Kekuatan, Dua Kapal Angkut Tank Masuk Jajaran TNI AL

Batam, Koranpelita.com TNI Angkatan Laut kembali menambah kekuatan armada tempurnya dengan ditandai diresmikannya dua kapal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *