Siswa TNI AL Satdik 2 Kodiklatal Makassar Orientasi Pekan Integrasi di Menkav 2 dan Dislambair Koarmada II

 

Surabaya, Koranpelita.com

Sebanyak 249 Siswa TNI AL Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Angkatan XLI TA 2021 yang berasal dari Satuan Pendidikan (Satdik) 2 Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Makassar melaksanakan orientasi pekan integrasi di Resimen Kavaleri (Menkav) 2 Marinir dan Dinas Penyelam Bawah Air (Dislambair) Komando Armada (Koarmada) II Surabaya, Kamis, (16/9/2021).

Adapun 249 siswa Satdik 2 Makassar ini terdiri 100 orang siswa Dikmaba dan 149 orang siswa Dikmata Angkatan XLI TA 2021. Selain para siswa turut pula dalam orientasi tersebut 36 orang Satgas yang terdiri dari Pelatih, Pembimbing Siswa (Bingsis) Satdik 2 Makassar.

Saat melaksanakan orientasi di Menkav 2 Marinir tersebut para siswa Dikmaba dan Dikmata ini diterima langsung Wadan Menkav 2 Letkol Marinir Yanuar Kusnindyo, M.Tr Hanla, M.M. di lapangan Apel Menkav 2 Mar Semarung Ujung Surabaya.

Dalam sambutannya Wadan Menkav 2 Marinir Letkol Marinir Yanuar Kusnindyo, M.Tr Hanla, M.M. menyampaikan ucapan selamat datang di Kesatrian Menkav 2 Marinir. Adapun tugas pokok Resimen Kavaleri 2 Marinir adalah membina kemampuan dan menyiapkan unsur-unsur Kavaleri Korps Marinir guna melaksanakan operasi pendaratan amfibi, operasi pertahanan pantai dan operasi tempur.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Menkav-2 Marinir merupakan salah satu satuan tempur Korps Marinir yang memiliki beberapa kendaraan tempur, meliputi Batalyon Tankfib-2 Marinir yang berkedudukan di Karang Pilang, Batalyon Ranratfib-1 Mar bertempat di Trian Soepraptono Semarung Ujung Surabaya dan Batalyon Kapa-1 Marinir dengan Material Tempur KAPA 61. Dalam kunjungan tersebut para siswa Dikmaba dan Dikmata ini diberi kesempatan untuk menaiki alut sista Tank Menkav 2 Marinir mengelilingi kesatrian Supraptono Semarung.

Setelah melaksanakan orientasi di Menkav 2 Marinir selanjutnya para siswa Satdik 2 Makassar ini melaksanakan orientasi di Dislambair yang merupakan Komando Pelaksana di bawah Koarmada II. Dalam orientasi tersebut para siswa mendapatkan pengarahan dan pengenalan mengenai seputar penyelaman di TNI AL dari Perwira Dislambair.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa untuk menjadi prajurit penyelam perlu melaksanakan pendidikan di Sekolah Selam (Seselam) yang berada di bawah Pusdiksus Kodikopsla. Sebelum dinyatakan lulus dan mengikuti pendidikan para prajurit ini harus lulus dalam seleksi meliputi kesamaptaan Jasmani, psikologi, kesehatan dan Mental Ideologi.

About ahmad yani

Check Also

Tambah Kekuatan, Dua Kapal Angkut Tank Masuk Jajaran TNI AL

Batam, Koranpelita.com TNI Angkatan Laut kembali menambah kekuatan armada tempurnya dengan ditandai diresmikannya dua kapal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *