Tak Ingin Buang Waktu KPU Akan Gelar Penetapan Gub/Wagub Kalsel Terpilih, Kamis Paripurna Dewan

Banjarmasin, Koranpelita.com

Tak ingin buang waktu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan segera menetapkan H Sahbirin Noor dan H Muhidin sebagai pasangan calon (paslon) terpilih hasil Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel 2020.

Acara penetapan akan digelar di Ballroom Hotel Rattan Inn Banjarmasin, pada Rabu 4 Agustus 2021, sekitr pukul 10 00 Wita.

“Hari ini kami sudah menyelesaikan rapat pleno penetapan calon terpilih pasca putusan MK. Rencana penetapan akan kami gelar hari Rabu 4 Agustus di Hotel Rattan Inn,” ujar Ketua KPU Provinsi Kalsel, Sarmuji, dihubungi Senin (2/8/2021).

Dalam penetapan sebut Sarmuji, pihaknya akan mengundang seluruh stakeholder diantaranya Bawaslu Kalsel, Polda Kalsel, Kejati Kalsel, partai politik pendukung dan kedua pasangan calon.

Adapun terkait teknis pelaksanaan, KPU akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan Polda Kalsel, guna menyesuaikan dengan protokol kesehatan, termasuk beberapa yang diundang secara luring dan sisanya secara daring.

Sedang tahapan selanjutnya KPU akan menyerahkan hasil penetapan pasangan calon ke DPRD Kalsel guna ditindaklanjuti prosesnya hingga ke Kementerian Dalam Negeri.

Dengan demikian, imbuh Sarmuji, peran KPU dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel berakhir pada tahapan penetapan calon terpilih.

Informasi yang beredar di kalangan DPRD Kalsel, bahwa rapat paripurna DPRD Kalsel untuk hasil penetapan gubernur dan wakil gubernur akan digelar dalam rapat paripurna pada Kamis 5 Agustus 2021.

Ketua DPRD Kalsel H Supian HK saat dihubungi membenarkan jika pada rapat paripurna nanti dengan agenda Pengumuman Pengesahan Pengangkatan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Terpilih Tahun 2021-2024. Selanjutnya hasil rapat paripurna dewan akan diserahkan ke Kemendagri untuk diagendakan pelantikan.

Sementara Wakil Gubernur Kalsel terpilih, H Muhidin saat dikonfirmasi mengatakan dirinya akan menghadiri penetapan gubernur dan wakil gubernur Kalsel terpilih periode 2021 hingga 2024 oleh KPU Kalsel Rabu nanti.
“Insyaallah hadir,” ujarnya.(pik)

About kalselsatu

Check Also

Realisasikan Aspirasi Warga, Bang Dhin Bantu Perbaikan Akses Jalan TPU dan PJU di Desa Giri Mulya

Tanah Bumbu, Koranpelita.com Guna memperbaiki akses jalan menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun 2 Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *