Idul Adha di Mesjid Jami Al Mukarramah, Umat Muslim Diseru Perkuat Keimanan dan Ketaqwaan

Angkatan Muda -Remaja Masjid Jami Al Mukarramah, Berperan Aktif Atas Lancarnya Pelaksanaan Shotat Idul Adha, Selasa 20/7/2021

Bajarmasin, Koranpelita.com

Untuk mememuhi kewajiban sebagai umat muslim di Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada Selasa 20 Juli 2021 ini, ratusan Jamaah warga Komplek Surya Gemilang Banjarmasin Utara, melaksanakan Sholat Ied berjamaah di Mesjid Jam’i Al- Mukarramah komplek perumahan setempat.

Sholat berjamaah dilaksanakan tepat pada Pukul 07.15 Wita, dipimpin Khatib, Ustadz H Muhammad Abdul Hakim S Pdi, dan bertindak selaku Muazin, oleh Ustadz Bukhari S Thi.
Adapun prosesi pelaksanaan sholat, panitia masjid tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Dalam kutbahnya, Khatib Muhammad Abdul Hakim, kepada jamaah yang hadir memadati rumah ibadah yang telah resmi berstatus masjid itu, menyeru agar umat muslim terus menjaga dan memperkuat keimanan keislaman dan ketaqwaan, agar memperoleh kebahagian hidup di dunia hingga akhirat kelak.

Dia mengingatkan, bahwa hari Raya Idul Adha atau idul qurban ini merupakan hari yang sangat “Agung” yangmana, umat muslim dituntut untuk berqurban baik itu kepentingan maupun kesenangan pribadi, namun harus lebih mengutamakan perintah Allah SWT, yaitu dengan kepedulian sosial, terutama bagi umat muslim yang mampu untuk melaksanakan ibadah qurban yangmana dagingnya dibagikan untuk orang lain.

Namun berqurban hakekatnya bukanlah sekedar menyembelih hewan qurban semata, tetapi keutamaanya adalah niat dan keiklasan untuk melaksanakan perintah Allah SWT, meski seberat apapun perintah itu walau harus kehilangan harta, tahta, bahkan nyawa seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS, yang diperintah untuk menyembelih anaknya. Namun berkat ketaqwaan dan ketaatannya, Allah berkenan menggantikan anaknya dengan seekor hewan qurban (qibas)

” Mudah kita semua umat muslim bisa meneladani keimanan dan ketaqwaan seperti Nabi Iberahim AS,” harap guru Muhammad Abdul Hakim.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Masjid Jam’i Al Mukarramah, Muhammad Hanapi, mengucap syukur atas terlaksananya dengan lancar kegiatan ibadah sholat berjamaah pagi ini.

Selain pelaksanan sholat, panitia masjid bersama warga masyarakat komplek yang terdiri dari 5 RT ini juga melaksanakan penyembelihan hewan qurban.

“Alhamdulilah, berkat kebersamaan dan gotong-royong dari semua warga sholat Ied Adha kali ini bisa berjalan lancar dan suskses. Alhamdulilah,” sebut Hanafi. (zul)

About kalselsatu

Check Also

SMSI Kalteng Bersinergi Dengan Pemerintah Setempat

Palangka Raya, Koranpelita.com Pj.Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, H.Nuryakin, meminta keberadaan Organisasi Serikat Media Siber …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *