Wadan Kodikopsla Kodiklatal Buka Diktukpa TNI AL Angkatan ke-51 Korps Pelaut

 

Surabaya, Koranpelita.com

Wakil Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Wadan Kodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Kolonel Laut (P) A.M. Susanto S.W. mewakili Dankodikopsla Kodiklatal Laksma TNI Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si membuka Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-51 korps Pelaut yang dilaksanakan di lapangan Apel Kodikopsla Ujung, Surabaya, Selasa, (8/6/2021).

Pembukaan pendidikan awal kejuruan korps pelaut tersebut diikuti 100 Siswa Diktukpa TNI AL Angkatan ke-51 setelah sebelumnya melaksanakan pendidikan dasar keprajuritan di Puslatdiksarmil Kodiklatal. Hadir dalam acara tersebut para Komandan Pusdik dan Komandan Sekolah dijajaran Kodikopsla.

Dankodikopsla Kodiklatal Laksma TNI Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodikopsla Kolonel Laut (P) A.M. Susanto S.W menyampaikan ucapkan selamat datang dan selamat belajar di Pusat Pendidikan Pelaut (Pusdikpel) yang merupakan Pusdik dibawah Kodikopsla Kodiklatal.

Menurutnya program pendidikan Diktukpa yang dibuka saat ini adalah kelanjutan dari program pendidikan dasar yang telah dilaksanakan sebelumnya dengan tujuan untuk membekali siswa dengan ilmu pengetahuan kepelautan meliputi bidang kebaharian, navigasi, komunikasi, senjata atas air dan senjata bawah air.

Selesai mengikuti pendidikan diharapkan para siswa menguasai profesi kepelautan dan menjadi perwira TNI AL yang berjiwa pejuang Sapta Marga, memiliki kesamaptaan jasmani yang baik serta kemampuan tentang matra laut yang mumpuni seiring perkembangan Ilmu pengetahuan yang semakin pesat.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan dalam menempuh pendidikan banyak keterbatasan Alat Instruksi (Alins), Alat penolong Instruksi (Alongins) dan prasarana pendukung pendidikan lainya, akan tetapi jangan hanya karena alasan tersebut program pendidikan ini tidak terlaksana dengan baik.

Kepada penyelenggara pendidikan Dankodikopsla berpesan agar melaksanakan tugas sesuai fungsi dan peranan masing masing dengan penuh semangat, motivasi dan dedikasi yang tinggi sehingga akan tetap menghasilkan output yang memanggakan bagi Kotama pengguna kususnya dan TNI AL pada umumnya.

Adapun kegiatan pembukaan pendidikan Diktukpa korps pelaut ini sesuai dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam membangun sumberdaya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Pangdam IV/Diponegoro buka Prodi Dikmata TNI AD Kodam IV/Diponegoro TA 2024

KLATEN, KORANPELITA – Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., bertindak sebagai Inspektur Upacara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca