Gas Beracun di Aceh Ancam Ratusan Warga

Laporan : Miftahul Rizky

Ketua Fraksi Nasdem DPRK Aceh Timur, H. Tarmizi Daud kepada media ini menegaskan, ratusan warga terkapar karena keracunan terhirup SO2 (asap).

Jum’at (09/04/2021) banyak warga yang harus dievakuasi ke Rumah Sakit Zubir Mahmud Idi, Kabupaten Aceh Timur untuk dilakukan perawatan medis secara intensif.

Perusahaan pengoperasian Gas di Aceh diminta bertanggung jawab secara penuh menyusul pencucian sumur gas telah berdampak buruk bagi keselamatan nyawa warga sekitar.

Akibat dari operasi ladang gas di Alue Siwah, Kabupaten Aceh Timur mengakibatkan ratusan warga yang berada di sekitar perusahaan terkapar, yang diduga karena aliran limbah gas beracun telah banyak jatuh korban.

Seperti, mengalami gejala pusing, mual-mual, kesulitan bernafas dan muntah darah akibat dari pengoperasian perusahaan tersebut.

Diketahui ratusan warga yang terkapar limbah gas beracun merupakan warga Dusun CV 8 Desa Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur.

Diduga kebocoran gas terjadi
karena adanya pencucian sumur di lokasi Alue Siwah Serdang, Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur.

“Apa yang terjadi hari ini sudah sangat meresahkan, Saya selaku wakil rakyat sangat kecewa. Karena sudah beberapa kali kami sudah menghubungi baik telpon atau sms tapi tidak ada satupun balasan,” kata Tarmizi.

Padahal persoalan seperti ini, sebelum kejadian ini terjadi masyarakat sudah beberapa kali mengingatkan. Namun pihak PT terkesan tutup telinga dan tutup mata tidak menggubris pesan yang disampaikan masyarakat sehingga korban terus berjatuhan.

“Humas selalu tidak pernah mau angkat telponnya. Tidak hanya dalam musibah ini, tapi juga pada perkara perkara yang lain, sangat sulit untuk bisa diajak koordinasi,” ujar Tarmizi.

PT  jangan  terkesan lepas tangan, ini masalah nasional yang tidak boleh diabaikan, karena masalah jiwa anak bangsa yang wajib diutamakan.

Apalagi adanya indikasi  pengoperasian PT  tidak sesuai dengan SOP  yang dilakukan di Perusahaan Gas tersebut.

Sementara itu, bau menyengat dari gas beracun mulai tercium sejak pukul 5 pagi. Sejak pukul  9 pagi warga mulai berjatuhan karena keracunan gas.

Pihak perusahaan  telah melakukan pengecekan ke lokasi kejadian untuk memastikan tentang kebenaran bau gas tersebut.  Akibat peristiwa tersebut, kegiatan pencucian sumur di Alue Siwah Serdang, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur telah dihentikan sementara.

About redaksi

Check Also

PJ Gubernur Jateng, Hadapi Bonus Demografi Dorong Ciptakan SDM Berkualitas

SURAKARTA,KORANPELITA – Penjabat Gubernur Jateng, Nana Sudjana mendorong kepada kepala sekolah di wilayahnya untuk menciptakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca