Upaya Melestarikan Seni Macapat

Samigaluh, Koranpelita.com

Pagelaran Seni Macapat Rutin Putaran Pertama berlangsung di Kapanewon Samigaluh, Selasa malam 23 Maret 2021.

Pagelaran yang diprakarsai seniman dan seniwati yang masih peduli dengan seni tradisi. Latihan perdana di Samigaluh berlangsung penuh keakraban, diselingi saling isi dan koreksi namun tetap dalam bingkai kekeluargaan

Penampilan kaki ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa para pelaku seni budayawan meskipun situasi pandemi tetap harus tetap eksis berkegiatan.

“Dan saya rasa sudah semestinya untuk kita. Semua yg ada di Saber Budaya Menoreh untuk turut berperan serta,” kata Hendarti Handayani.

Menurutnya mengambil tempat sesuai dengan apa yang dimiliki. Bagi yang menggeluti seni Kethoprak teteplah eksis yang macapat ysng tari dan lainnya.

Latihan perdana hanya sebagian kecil contoh saja bahwa para pemangku kebijakan di negeri ini. Tetap memberikan ruang dan apresiasi tentunya untuk para pegiat seni.

“Monggo saudaraku semua khususnya yang ada di Perkumpulan ini. Yang merasa handarbeni Seni Budaya warisan para leluhur yang sangat Adiluhung ini untuk senantiasa menjaga melestarikan supaya jangan sampai punah dan tergeser budaya luar,” pungkasnya. (HH)

About koran pelita

Check Also

Prawita Genppari Ajak ke Wisata The Great Asia Africa

Lembang, Koranpelita.com Sesuatu yang biasa akan menjadi luar biasa jika dipoles dengan imajinasi kreatif, lalu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.