Ganjar Ungkap Alasan Vaksinasi Pertama di Tiga Daerah

Semarang,Koranpelita.com

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan alasan Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Surakarta sebagai tiga daerah pertama penerima vaksinasi Covid-19 di Jawa Tengah. Pasalnya, penetapan itu lantaran jumlah vaksin yang terbatas.

“Vaksin diprioritaskan di tiga daerah karena jumlahnya terbatas. Maka kita mulai dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Surakarta dulu. Nanti kan tambahannya akan jalan terus. Maka dengan hari pertama insyaallah besok di tanggal 14 kita mulai maka kita akan berikan nakes di situ dulu,” katanya saat ditemui di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (12/1/2021).

Menurutnya, dengan terbatasnya jumlah vaksin yang dikirim tersebut, diutamakan daerah itu. “Nanti kalau tahap berikutnya dikirim akan kita sebarkan pada yang lain. Soal bagaimana kita menjadwalkan saja,” lanjut Ganjar.

Diketahui, bahwa jumlah vaksin yang sudah tiba di Jawa Tengah sebanyak 62.560 dosis jenis Sinovac. Ganjar menjelaskan vaksin yang disuntikkan di tiga daerah tersebut kurang dari 62 ribu dosis. Artinya masih ada sisa sesuai hitungan sekitar 8 ribuan dosis.

“Itu nanti hitungan kita masih ada sekitar 8 ribuan. Nah itu nanti akan kita pakai untuk nakes-nakes yang memang daerahnya sangat membutuhkan. Misal setelah itu bisa Banyumas atau daerah-daerah yang kemarin cukup rawan,” jelasnya.

Sementara itu, pengiriman atau distribusi vaksin ke tiga daerah tersebut masih disiapkan detailnya oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

“Belum dikirim. Keputusan (BPOM) kan baru kemarin. Hari ini manajemen masih dipersiapkan. Dari tiga daerah itu delivery yang agak jauh nanti cuma Surakarta. Masih disiapkan oleh Dinkes apakah dikirim per hari ini atau nanti H-1,” ungkapnya.(sup)

About dwidjo -

Check Also

Vaksinasi di 35 Kabupaten/Kota di Jateng Capai 52, 4 Persen

Semarang,Koranpelita.com- Imunisasi tahap pertama, bagi petugas kesehatan (nakes) di Jawa Tengah telah mencapai 52,4 persen. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *