DPRD dan Pemprov Kalsel Sepakat Lanud Syamsudin Noor Naik Tipe A dan Akan Kaji Mendalam

Banjarmasin, Koranpelita.com

Secara prinsif, DPRD dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) sepakat mendukung upaya kenaikan status Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Syamsuddin Noor, dari tipe B ke tipe A.

Namun, untuk mewujudkannya, semua pemangku kebijakan di Kalsel juga sepakat untuk lebih dulu mengkaji lebih dalam menyangkut sejumlah aspek, seperti status kepemilikan lahan, hukum serta teknis lainya.

Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat (RDP) yang digelar dan dipimpin Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, digedung DPRD Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Rabu (13/1/2021).

Hadir dalam pertemuan itu, Pj Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar beserta Biro Hukum, Bakeuda, Kadishub, Kepala BPN Kalsel, GM PT Angkasa Pura II, serta Komisi I DPRD Kalsel membidangi Hukum dan Pemerintah dan Komisi III membidangi Pembangunan dan Infrstuktur.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Syamsudin Noor, Kolonel (Pnb) M Taufiq Arasj, S.Sos dalam paparan khususnya saat itu mengatakan, seiring ditetapkannya Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, maka Provinsi Kalsel merupakan pintu gerbang di bagian selatan menuju IKN.

Perubahan diatas, tentu sangat berpengaruh pula terhadap stategis geogarafi dan perlu didukung melalui pertahanan udara yang kuat sehingga jika suatu saat terjadi ganguan bersekala geografis maka Lanud Syamsudin Noor juga sudah siap.

Karenanya diapun meminta dukungan kepada pemerintah daerah bersama DPRD Kalsel, serta instansi terkait lainya guna mewujudkan terobosan progresif diatas.

M Taufiq Arasj, juga menjelaskan untuk pengembangan Lanud Syamsudin Noor dibutuhakan lahan mininal 25 hingga 30 hektar. Sementara lahan yang dimiliki saat ini baru seluas 23,7 hektare.
Karenanya berharap Pemprov Kalsel dapat menambahkan luas lahan mereka kembali.

Pj Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, mengapresiasi dan mendukung wacana pengembangan Lanud Syamsudin Noor yan tentunya juga merupakan kebanggaan masyarakat Kalsel.

Dari itu diapun akan menindaklanjuti detil bersama jajarannya guna mendukung dan terwujudnya harapan Lanud Syamsudin Noor naik kelas A.

Ketua DPRD Kalsel H Supian HK mengatakan, berdasarkan paparan, saran dan masukan dari berbagai pimpinan instansi yang hadir, maka DPRD Kalsel juga siap mendukung dan menindaklanjuti bersama untuk tujuan Lanud memperkuat Provinsi Kalsel sebagai gerban selatan dalam memperkuat pertahanan udara.

Anggota Komisi I DPRD Kalsel, Bidang Hukum dan Pemerintahan, DR Karli Hanafi SH MH, dalam rapat menyarankan, agar nantinya membentuk tim khusus guna mempertajam usulan positif ini.

Tim kata dia, bisa melibatkan semua stake holder, seperti TNI AU, Angkasa Pura, BPN, Kejaksaan, Pemprov Kalsel dan DPRD.

” Untuk mempertajam kinerja kita sarakan agar bentuk tim khusus,” pungkas Karli Hanafi. (Ipik)

About kalselsatu

Check Also

Vaksinasi di 35 Kabupaten/Kota di Jateng Capai 52, 4 Persen

Semarang,Koranpelita.com- Imunisasi tahap pertama, bagi petugas kesehatan (nakes) di Jawa Tengah telah mencapai 52,4 persen. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *