Selama 2020 Kasus Narkoba Meningkat di Jawa Tengah

Semarang,Koranpelita.com

Kasus peredaran obat terlarang jenis narkotika di wilayah hukum Polda Jawa Tengah, mengalami perkembangan cukup berarti. Hal ini terbukti mencatat kasus narkoba selama 2020 meningkat dibandingkan tahun 2019.

Dirresnarkoba Polda Jateng, Kombes Pol Ignatius Agung Prasetyoko menjelaskan, untuk kasus narkotika mengalami peningkatan dari 1.340 menjadi 1.342 kasus. Psikotropika dari 98 naik menjadi 127 dan bahan aditif dari 271 naik menjadi 276.

“Untuk kasus narkoba jumlahnya naik dari 1.709 menjadi 1.745 atau naik 2 persen,” katanya saat pers release akhir tahun yang dihadiri Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi di Gedung Borobudur, Mapolda Jawa Tengah, Rabu (30/12/2020).

Prasetyoko menambahkan, untuk jumlah tersangka narkotika mengalami penurunan dari 1.714 menjadi 1.686. Hal ini dikarenakan, Ditresnarkoba Polda Jawa Tengah gencar menangkap bandar dan pengedar.

“Untuk pemakai adalah korban sehingga kita koordinasi dengan BNN untuk dilakukan rehabilitasi, sehingga kita eliminasi korban dari pengguna narkoba,” ucapnya.

Sementara itu, untuk kategori pengguna narkoba selama 2020 jumlah terbanyak adalah swasta dengan 1.150 orang, buruh 345 orang, pengangguran 181 orang, mahasiswa 35 orang, pelajar 28 orang, tani 26 orang PNS 9 orang dan Polisi 6 orang.

“Untuk mencegah peredaran narkoba di kalangan mahasiswa, pelajar dan masyarakat Ditresnarkoba Polda Jawa Tengah berkoordinasi dengan BNN dan LSM gencar melakukan sosialisasi dan penyuluhan,” jelasnya.

Namun demikian, lanjut dia, untuk menekan tingginya kasus narkoba di Jawa Tengah, melaksanakan sosialisasi dan kerjasama dengan LSM.

“Ditresnarkoba Polda Jawa Tengah terus berkoordinasi dengan BNN melakukan patroli narkoba di wilayah perairan dan bandar udara,” ujarnya..(sup)

About redaksi

Check Also

Panglima TNI Pimpin Sidang Pantukhir Pusat Taruna Akademi TNI Tahun 2024

Magelang, koranpelita.com Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca