Tingkatkan Pelayanan di Daerah, Bank Kalsel Gandeng BUMDes di Tapin

Banjarmasin, Koranpelita.com

Guna meningkatkan layanan perbankan di daerah, terutama untuk menyentuh seluruh lapisan masyarakat hingga ke desa-desa, Bank Kalsel dan Pemerintah Kabupaten Tapin, sepakat melakukan perjanjian kerjasama (PKS).

Kerjasama, berupa perluasan kemudahan penerimaan akses layanan jasa Bank Kalsel melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di seluruh Kabupaten Tapin, dituangkan dalam MoU yang ditandatangai Selasa (8/12/2020) oleh Bupati Tapin dan Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, H IGK Presetya.

Bupati Tapin, Arifin Arpan menyampaikan, adanya sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Tapin dengan Bank Kalsel, diharapkan mampu mendukung peningkatkan inovasi dari segi produk unggulan BUMDes maupun teknologi tepat guna, dimana sinergi ini juga akan memudahkan transaksi bagi masyarakat di tiap desa.

“Dengan seluruh kerjasama ini tentu dapat memaksimalkan pendanaan pemetaan ekonomi desa dari pemerintah yang dicanangkan pada tahun 2021, yangmana hal ini akan semakin mempermudah bagi pembangunan desa,” Arifin Arpan.

Selain itu, melalui sinergi antara Bank Kalsel, Pemerintah Provinsi Kalsel dan Pemkab Tapin, serta bersama pendamping desa, harapannya inovasi di desa dapat semakin meningkat guna mendukung pembangunan ekonomi daerah.

Direktur Kepatuhan Bank Kalsel, H. IGK Prasetya menuturkan bahwa adanya kerjasama dengan BUMDes seKabupaten Tapin dipercaya akan semakin mempermudah masyarakat dalam bertransaksi, tentunya mampu meningkatkan kepercayaan dan kepuasan bagi seluruh nasabah Bank Kalsel.

“Penandatanganan MoU bersama BUMDes merupakan wujud komitmen kami meningkatkan kinerja dan kualitas layanan Bank Kalsel, dimana kerjasama yang berbasis PPOB ini akan menjadi perpanjangan tangan Bank Kalsel di wilayah desa,” kata H IGK Prasetya.

Selain mempermudah akses perbankan bagi masyarakat desa imbuhnya, pengembangan BUMDes ini juga upaya Bank Kalsel untuk mendukung pelaksanaan pembangunan perekonomian desa, khususnya di Kabupaten Tapin.

“Semoga sinergi ini berjalan dengan baik dan kami akan selalu berupaya memberikan layanan terbaik bagi pemerintah, masyarakat, maupun nasabah setia Bank Kalsel,” pungkas Prasetya.

Penandatanganan PKS juga dilakukan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tapin, Rahmadi, Kepala Bank Kalsel Cabang Rantau, Izhar dan Camat Lokpaikat, Retno Dwi Hastuti, dan seluruh BUMDes se- Kabupaten Tapin yang diwakili oleh Manager​ ​Operasional BUMDes Makmur Jaya Abadi Sentosa, Dani Hasbulah.

Kegiatan disaksikan Kepala Dinas PMD Provinsi Kalimantan Selatan, Sekdakab Tapin, serta para Camat se-Kabupaten Tapin.

Seperti diketahui, di Tapin, terdapat 126 Desa, yang tersebar di 12 Kecamatan. Setiap desa memiliki badan usaha yang dikelola oleh BUMDes.

BUMDes memiliki tujuan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan cara mengelola potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang mana kemudian BUMDes ini menjadi salah satu sumber ekonomi desa.

Berdasarkan itu, Bank Kalsel gandeng BUMDes untuk menjadi mitra ​bagi Bank Kalsel untuk memberikan layanan jasa keuangan di lokasi-lokasi yang tidak tersentuh jaringan kantor Bank Kalsel, khususnya di desa atau kecamatan. Adapun sistem yang digunakan sama dengan sistem PPOB (Payment​ Point Online Bank​) yang saat ini telah diimplementasikan di seluruh payment point​ ​Bank Kalsel dengan menggunakan jaringan internet.(Ipik)

About kalselsatu

Check Also

Hadiri High Level Meeting Collecting Agent dan Penyaluran KUR, Bank Kalsel Raih Dua Penghargaan Salurkan, KUR Rp 389 Milyar

Banjarmasin, Koranpelita.com Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar High Level Meeting Collecting Agent …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca