Jateng Provinsi Terbaik Keterbukaan Informasi Publik

Semarang,Koranpelita.com

Provinsi Jawa Tengah kembali mengukir prestasi dalam hal keterbukaan informasi publik. Mengungguli DKI Jakarta dan Jawa Barat, provinsi yang dipimpin Ganjar Pranowo itu dinobatkan sebagai provinsi paling informatif nasional.

Penghargaan keterbukaan informasi publik 2020 yang diselenggarakan Komisi Informasi (KI) Pusat itu, digelar secara daring pada Rabu (25/11). Jawa Tengah dinyatakan paling informatif, setelah mengumpulkan nilai sebanyak 99,15 poin, disusul DKI Jakarta 99,07 dan Jabar 98,15.

Namun dari semua kategori badan publik paling informatif, capaian angka Jawa Tengah adalah tertinggi. Untuk ketegori kementerian misalnya, Kementerian Pertanian yang dinobatkan sebagai paling informatif tingkat kementerian hanya mengoleksi nilai 97,99. Sementara Lapan sebagai lembaga negara non kementerian dengan nilai 96,81, dan KPU sebagai lembaga non struktural dengan nilai 97,67.

Atas capaian itu, Ganjar menyampaikan terimakasih pada seluruh jajarannya di Pemprov Jateng. Sebab, semuanya telah bersedia transparan, mau menginformasikan pada publik, sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat bisa didapatkan dengan baik.

Keterbukaan informasi publik lanjut Ganjar, sangat penting saat ini. Sehingga, antara pemerintah dan masyarakat bisa saling tahu apa yang dikerjakan, dan bagaimana cara mengerjakan itu.

Ganjar mengatakan, kunci sukses sebagai provinsi paling informatif adalah adanya semangat dari seluruh pegawai di Pemprov Jateng. Spirit dan jiwa dari seluruh jajaran Pemprov Jateng dengan sadar mau terbuka dan transparan untuk melayani masyarakat.

Meski demikian, keterbukaan informasi publik itu telah dilakukan Ganjar jauh sebelum adanya penghargaan dari KI Pusat. Sejak periode pertama menjabat, dirinya sudah melakukan upaya keterbukaan informasi publik, dengan membuka medsos dan website sebagai tempat memberikan informasi.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengapresiasi seluruh pihak yang mendapatkan penghargaan keterbukaan informasi publik. Ia berharap, penghargaan ini menjadi pelecut semangat semua badan publik memberikan keterbukaan pada masyarakat dalam mengakses informasi.

“Yang sudah dinyatakan informatif, saya ucapkan selamat dan berharap terus dipertahankan semakin baik lagi. Yang cukup informatif, kurang informatif atau tidak informatif, maka harus melakukan akselerasi-akselerasi agar bisa menaplikasikan nilai transparansi dan akuntabilitas kepada publik,” ucapnya.(sup)

About redaksi

Check Also

Hadiri High Level Meeting Collecting Agent dan Penyaluran KUR, Bank Kalsel Raih Dua Penghargaan Salurkan, KUR Rp 389 Milyar

Banjarmasin, Koranpelita.com Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar High Level Meeting Collecting Agent …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca