Perlu Ada Penegakkan Disiplin Dalam Ronda Covid-19 Bagi Pelanggar Prokes

Jakarta,  Koranpelita.com

Pelaksanaan ronda Covid-19 yang dilaksanakan di lingkungan RT dan RW perlu dibarengi dengan upaya penindakan bagi warga masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Hal itu agar upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) dapat lebih maksimal.

Sejauh ini pelaksanaan ronda Covid -19 yang digelar Tiga Pilar wilayah Kelurahan melalui alat komunikasi kentongan terkait dengan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan dan menerapkan 3 M (mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak).

Dari pemantauan di lapangan.  Saat ronda Covid-19 berlangsung,  warga yang kedapatan tidak memakai masker  mereka langsung sibuk mencari dan memakai masker.  Dan ketika ronda covid-19 selesai,  masker pun dilepaskan.  Hal itu dikarenakan tidak ada tindakan atau sanksi yang diberikan kepada warga yang kedapatan tidak menggunakan masker saat ronda covid berlangsung.

Di sisi lain,  dalam ronda yang digelar di akhir pekan tanpa dihadiri aparat dari Kelurahan dan Satpol PP. Hal itu terlihat dalam pelaksanaan ronda Covid-19 yang digelar di wilayah RW 11, Kelurahan Kebon Jeruk,  Kecamatan Kebon Jeruk pada Sabtu (21/11).

Giat ronda covid-19 yang digelar pukul 09.00 WIB  tersebut hanya diikuti oleh Ketua RW 11 H.  Agus Lanwar,  beserta pengurus,  para Ketua RT,  Ketua LMK 11 Abdullah,  Ketua Citra Bhayangkara Subsektor 10.3 H. S Ragil,  anggota FKDM Kel.  kebon Jeruk  Dhani,  dan anggota Citra Bhayangkara Subsektor 10.3 dan PPSU.

“Saya rasa perlu menegakkan disiplin agar masyarakat benar-benar mematuhi protokol kesehatan setelah sebelumnya kita melaksanakan imbauan dan sosialisasi, ” kata H Agus Lanwar.

Lebih lanjut,  H. Agus menyampaikan kehadiran Tiga Pilar dalam pelaksanaan ronda covid-19 sangatlah penting. “Kami rasa memang perlu  kehadiran Tiga Pilar dalam ronda Covid meski dilaksanakan di akhir pekan.  Karena ronda covid ini tidak memandang waktu apakah hari libur atau hari kerja, ” katanya.

Pada bagian lain RW 11 mengapresiasi peran serta anggota Citra Bhayangkara Subsektor 10.3 bersama anggota FKDM Kelurahan Kebon Jeruk dan juga petugas PPSU dalam mendukung pelaksanaan ronda Covid-19 di wilayah RW 11.

“Kami berterimakasih kepada kawan-kawan Citra Bhayangkara yang sigap mendukung ronda Covid-19. Kami juga berterimakasih kepada anggota FKDM. Semoga pandemi ini  segera berakhir,” tandasnya.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Kasus Covid Naik, Pemkab Bekasi Minta Warga Patuhi Prokes

Bekasi, koranpelita.com – Kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Bekasi kembali naik menembus angka 314 kasus, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *