Kehamilan Sehat untuk Generasi Hebat

Jakarta,Koranpelita

Selama masa pandemi semua orang akan lebih memperhatikan asupan makanan yang sehat dan cukup untuk selalu menjaga imunitas tubuh. Demikian pula halnya untuk wanita atau ibu yang sedang hamil, nutrisi yang cukup dan seimbang adalah penting untuk Sang Ibu pada masa kehamilan, hal ini disampaikan oleh dr. Mochamad Fahmy, Sp.OG dalam sesi Webinar Health Talk yang diadakan oleh RS Siloam Semarang, kemarin.

Menurutnya beberapa nutrisi penting seperti asam folat yang membantu pembentukan otak dan tulang belakang, kalsium untuk tulang dan gigi si bayi, protein untuk jaringan jaringan, zat besi untuk darah.

Namun sebaliknya ada juga beberapa makanan yang hendaknya dihindari “Bumil” yaitu seafood yang tinggi kadar merkuri, ikan mentah, kerang, susu segar (non pasteurisasi), makanan yang tidak dimasak matang, buah dan sayuran yang tidak dicuci baik dan benar, produk supplemen, rokok dan alkohol tentunya.

Hubungan suami istri (seks) pada masa kehamilan pada umumnya aman, namun tetap memperhatikan saran medis pada saat konsultasi ke dokter kandungan. Demikian juga dengan berolahraga sangat disarankan, dikarenakan olahraga dengan cara dan porsi yamg tepat dapat mengurangi keluhan keluhan kehamilan, juga mempermudah pada saat proses persalinan, menjaga resiko hipertensi, memudahkan menurunkan berat badan setelah persalinan dan juga menjaga resiko depresi.

“Olahraga terukur yang bisa dilakukan selama 30 menit setiap hari adalah seperti berjalan, berenang, yoga, pilates dan sepeda statis,” ujarnya.

Yang tidak kalah penting sebaiknya lakukan beberapa “labtest” yang baik dan mendukung pada masa kehamilan yaitu diantaranya Hemoglobin, HIV, Hepatitis B, Sifilis, Gula darah, Golongan darah dan Rhesus lalu kemudian Urin kesemuanya itu berfungsi untuk mengetahui kondisi ibu dan bayi dikandungnya.

Di akhir sesi webinar, disampaikan ada gejala kehamilan yang adalah sangat umum wajar dan bisa disingkapi “Bumil” dengan tenang bahkan bisa dikonsultasikan rutin ke dokter kandungan, yaitu morning sicknes mual/muntah dipagi hari, rasa nyeri dibawah perut, bengkak dengan bertambahnya berat badan, konstipasi (sembelit), screcth mark, guratan/kerutan perut), gatal diperut, nyeri pinggang, nyeri kesemutan dipergelangan tangan, konsultasikan pada saat kunjungan rutin atau pada saat kesempatan lain dan bahkan informasi website dokter terpercaya online. (Vin)

 

About ervin nur astuti

Check Also

Hidupkan Semangat Perempuan Muda Indonesia Agar #TakTerhentikan Meraih Mimpi

Jakarta, Koranpelita.com Zaman yang semakin maju dan modern membuka banyak kesempatan untuk meraih mimpi, nggak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *