Tak Sekedar Dukung Anggaran, Komis I Juga Terus Perkuat Pengawasan Kinerja SOPD

Banjarmasin, Koranpelita.com

Tak hanya sekedar mendukung sisi anggaran, tapi Komisi I DPRD kalsel, juga turun langsung memonitor ke sejumlah mitra kerja mereka yaitu SOPD se Kalimantan Selatan (Kalsel) guna memastikan kualitas kinerja masing-masing.

Dalam kurun enam bulan berjalan, Semasa sedikitnya sudah enam kali turun melakukan pengawasan ke daerah-daerah.

Pengawasan utamanya dilakukan kepada SOPD yang menyelenggarakan layanan publik seperti dinas kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) provinsi dan kabupaten kota.

” Sudah hampir semua dukcapil se Kalsel sudah kita monitor dalam kaitan fungsi pengawasan dewan,” ujar Anggota Komisi I DPRD Kalsel, Fahrani S Pd I M Si, di Banjarmasin, Jumat (16/10/2020).

Menurut dia, saat dukcapil se Kalsel, rata-rata sudah melakukan terobosan kerja seperti pembuatan KTP dan Kartu Keluarga tak lagi harus datang ke kelurahan, namum sudah bisa dilakukan melalui sistem online.

“Ini salahsatu inovasi yang signifikan ditengah masa Covid ini,” kata Fahrani.

Tak hanya itu, anggota komisi I membidangi hukum dan pemerintah di DPRD Kalsel ini juga menyebutkan, bentuk pengawasan juga dilakukan kepada badan kepegawaian daerah (BKD) provinsi, yang mana tahun lalu juga telah disokong pengalokasian anggaran untuk keperluan tes CPNS dan lainya.

Kemudian saat ini Komisi I juga tengah intens mengupayakan BKD untuk naik kelas dari tipe ‘B’menjadi tipe ‘A’.

Karena ketika sudah naik kelas menjadi tipe ‘A’, tentunya kuantitas maupun pelayanan akan lebih banyak dan lebih baik lagi, terutama menyangkut soal pengaturan mekanisme perpindahan ASN baik dari kabupaten ke provinsi maupun sebaliknya, termasuk kaitan dengan pemerintah pusat.

Politisi PDP-P ini juga menambahkan, jika dalam waktu dekat ini Komisi I juga akan menggelar RDP bersama perwakilan BKN guna membahas berbagai hal termasuk singkonisasi terkait kepegawaian.

“Jadi langkah penguatan pengawasan ini terus kami lakukan agar dukungan anggaran yang sudah kami upaya hasilnya bisa selaras dengan apa yang diharapkan,” tegas Fahrani.(Ipik)

 

About kalselsatu

Check Also

Rahmanto Muhidin Lanjutkan Estafet Kepemimpinan Ketua DPD Lasqi Mura

Puruk Cahu , Koranpelita.com. Rahmanto Muhidin terpilih untuk memimpin Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *