DANSESKOAL PAPARAN KESIAPAN PKB OPSGAB WIRA SIAGA XL TA. 2020 MELALUI VIDEO CONFERENCE

Jakarta,  Koranpelita.com

Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., selaku Kepala Pelaksana Proyek (Kalakyek) Program Kegiatan Bersama Operasi Gabungan (PKB Opsgab) Wira Siaga XL TA. 2020 melaksanakan paparan kesiapan PKB Opsgab Wira Siaga XL TA. 2020 melalui Video Conference (Vicon) di Ruang Rapat Utama Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (29/9).

Paparan tersebut dilaksanakan secara video conference (vicon) yang terhubung langsung dengan Dansesko TNI Marsdya TNI Dedy Permadi, S.E., MMDS., Danseskoad Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, MMDS., M.A., Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han), para Pejabat Utama Sesko TNI dan Sesko Angkatan, beserta para Perwira yang berkaitan dengan kegiatan PKB Opsgab Wira Siaga XL TA. 2020.

Pada kesempatan ini, Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han).,menjelaskan mengenai beberapa kesiapan pelaksanaan kegiatan PKB Opsgab Wira Siaga XL TA. 2020 yang rencana pelaksanaannya pada pertengahan Oktober Tahun 2020 mendatang. Adapun kesiapan pelaksanaan kegiatan PKB Opsgab Wira Siaga XL TA. 2020 antara lain Pertama, Kesiapan Naskah Latihan Buku I, II A dan II B telah siap dan telah mendapat koreksi dan penyempurnaan dari tim Kelompok Perancang Latihan (KPL) Sesko TNI, Sesko AD, Sesko AL dan Sesko AU.

Kedua, Kesiapan Latihan menggunakan metode virtual telah siap dengan telah dirancang dan telah disiapkannya aplikasi vicon dan aplikasi Latihan yang akan digunakan. Ketiga, Kesiapan sarana pendukung Latihan telah disiapkan dan diuji coba oleh masing-masing Kolat saat pelaksanaan Pra PKB Opsgab.

Keempat, Kesiapan pelaku dan wasdal terhadap penguasaan materi operasi menanggulangu bencana alam dan bantuan kemanusiaan dalam PKB Opsgab telah tercapai, hal ini terlihat dalam pelaksanaan Pra PKB Opsgab yang telah dilaksanakan oleh masing-masing Kolat.

Selain menyampaikan keempat kesiapan tersebut, Danseskoal juga mengungkapkan beberapa tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan latihan tersebut yaitu kebijakaan PSBB ketat yang dikeluarkan oleh Pemprov DKI dan kebijakan pimpinan TNI dalam hal ini pengetatan protokol kesehatan memberikan konsekuensi bahwa tidak adanya pergeseran personel keluar masuk DKI dan kegiatan latihan dilaksanakan oleh para Pasis dari ruangan mess maing-masing.

Selanjutnya dikatakan bahwa perlunya stabilitas jaringan internet dari masing-masing Kolat guna menjamin berjalannya aplikasi vicon dan aplikasi latihan sesuai dengan yang direncanakan.

Turut hadir mendampingi Danseskoal dalam acara tersebut antara lain Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., Dirdik Seskoal Kolonel Laut (P) Dr. Imam Teguh S, S.T., M.Si., Kapusoyu Seskoal Kolonel Laut (P) Antonius Widyoutomo,S.H., dan Kadepops Seskoal Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Kapolda, Sertijab Sebagai Penyegaran Organisasi

Semarang,Koranpelita.com Sebanyak tujuh Kapolres baru di wilayah Polda Jawa Tengah melakukan serah terima jabatan (sertijab) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *