Wadan Seskoal Resmi Menutup OYU Latma Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-58 TA. 2020

Surabaya,  Koranpelita.com

Usai sepekan dilaksanakan, Olah Yudha Latihan Bersama (Oyu Latma) yang diikuti oleh Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut Angkatan ke-58 TA. 2020 secara resmi ditutup oleh Wakil Komandan (Wadan) Seskoal Laksamana Pertama Imam Musani, S.E., M.Si., mewakili Komandan Seskoal (Danseskoal) Laksmana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., di Amphiteater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat (28/8).

Kegiatan Oyu Latma Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA. 2020 ini dilaksanakan mulai tanggal 24 hingga 28 Agustus 2020.

Dalam amanat Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., yang dibacakan Wadan Seskoal Laksamana Pertama Imam Musani, S.E., M.Si., mengatakan bahwa pengalaman melaksanakan latihan Oyu Latma diharapkan dapat memebrikan bekal bagi para Pasis untuk memiliki kemampuan merencanakan, memepersiapkan dan melaksanakan latihan bersama Multilateral Navy Exercise Komodo (MNEK). Patut disyukuri bersama, selamat Oyu Latma para Pasis mendapat pembekalan dari pejabat AHA Centre dengan topik: Penanggulangan Bencana Alam Yang Melibatkan Militer Beberapa Negara”. Para Pasis juga mendapat pembekalan dan pengalaman langsung dari pelaku di lapangan yaitu Laksamana Pertama TNI Rachmad Jayadi selaku Dansatgas Multilateral Navy Exercise Komodo 2018 lalu yang diselenggarakan di Lombok.

Selama melaksanakan kegiatan Oyu Latma, para Pasis telah mampu menyelenggarakan latihan bersama dengan Negara lain sesuai peran yang diberikan lembaga. Para Pasis telah melaksanakan perannya sebagai pejabat staf Mabesal, Staf Satgas MNEK maupun sebagai atase pertahanan untuk melaksanakan rangkaian kegiatan penyelenggaraan latihan bersama MNEK dengan baik.

Lebih lanjut dikatakan Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., bahwa dalam penyelenggaraan latihan bersama ini, Pasis juga telah berlatih melaksanakan kegiatan mulai dari tahap perencanaan yang meliputi survei daerah latihan, penyusunan konsep umum latihan, sosialisasi MNEK oleh Satgas kepada Athan Negara sahabat, kementerian/lembaga/badan/ instansi terkait. Pada tahap pelaksanaan, para Pasis telah melaksanakan kegiatan meliputi IPC, MPC, maupun FPC, serta penyusunan RGB, walaupun dalam pelaksanaanya belum sempurna dan masih banyak yang perlu mendapat perhatian.

“Dengan berakhirnya Oyu Latma ini,bukan berarti berakhir pula proses pembelajaran bagi para Pasis karena tantangan tugas ke depan semakin kompleks dan menuntut para Pasis untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya sesuai dengan ilmu pengetahuan bidang kemaritiman dan keangkatanlautan dihadapkan dengan dinamika lingkungan strategis,” tegas Danseskoal dalam amanatnya.

Hadir pada acara penutupan Dirdik Seskoal Kolonel Laut (P) Dr. Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si., selaku Direktur Latihan Oyu Latma, para pejabat, para Dosen dan Perwira Penuntun Seskoal. Kegiatan Oyu Latma ini terselenggara dibawah tanggung jawab Kadepops Seskoal Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra beserta staf Depops Seskoal.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Dankodiklatal Hadiri Wisuda Prajurit Teknokrat Lulusan STTAL Tahun 2024

Surabaya, koranpelita.com Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca