Anggota TNI AU di Kalijati Subang saat melaksanakan donor darah dalam rangka menyambut Hari Bakti TNI AU ke-73.
Anggota TNI AU di Kalijati Subang saat melaksanakan donor darah dalam rangka menyambut Hari Bakti TNI AU ke-73.

Bakti Sosial Donor Darah TNI AU Lanud Suryadarma Berhasil Kumpulkan 161 Labu Darah

Subang, koranpelita.com – Sebanyak 165 orang anggota TNI Angkatan Udara Lanud Suryadarma Kalijati, Wingdiktek, Wingdikkal dan Kipan C Yonko 461 Paskhas dan ibu-ibu PIA Ardhya Garini Bakorcab Kalijati melaksanakan bakti sosial donor darah.
Kegiatan yang berlangsung Rabu (22/7/2020) ini, dalam rangka peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-73, dan dilaksanakan di Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Hoediyono Lanud Suryadarma Kalijati Subang.
Dalam kegiatan ini, TNI AU khususnya Lanud Suryadarma bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Subang untuk pelaksanaannya, yang melibatkan 11 orang personel PMI beserta peralatannya dan dibantu oleh anggota kesehatan dari RSAU dr. Hoediyono Lanud Suryadarma serta tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan guna menghindari wabah Covid-19.
Sebelum diambil darahnya, para peserta donor darah ini terlebih dahulu dicek kesehatannya, apakah memenuhi persyaratan atau tidak, apabila peserta yang memenuhi persyaratan barulah kemudian diambil darahnya.
Komandan Lanud Suryadarma, Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., mengatakan bakti sosial kesehatan donor darah yang di laksanakan ini adalah merupakan kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-73.
“Kegiatan donor darah ini adalah merupakan kegiatan sosial yang cukup penting dan perlu untuk terus dilaksanakan. Selain memiliki nilai manfaat yang cukup tinggi terhadap keselamatan jiwa seseorang, juga ada manfaat tersendiri utamanya untuk kepentingan kesehatan diri masing-masing,” jelas Danlanud.
Danlanud juga menambahkan, kita juga harus menyadari karena darah yang dikaruniakan Allah SWT, untuk menunjang kehidupan manusia belum dapat diproduksi oleh pabrik manapun, karena itu setetes darah akan dapat menyelamatkan jiwa seseorang.
“Untuk itu diharapkan kepada pendonor yang dinyatakan sehat oleh medis agar dapat menyumbangkan darahnya bagi kepentingan kemanusiaan,” harap Danlanud.
Kepala RSAU dr. Hoediyono Lanud Suryadarma, Kapten Kes dr. Indria Sari, Sp.B., MPH., di sela-sela kegiatan mengatakan donor darah yang dilaksanakan ini merupakan kerjasama Rumah Sakit dr. Hoediyono Lanud Suryadarma dengan PMI Kabupaten Subang.
“Kegiatan donor darah ini kita laksanakan beberapa tahap dan bergilir bagi pendonor untuk menjaga dari kerumunan anggota dan juga diterapkan Physical distancing/jaga jarak sesuai protokol kesehatan untuk mencegah wabah Covid-19, ” jelasnya.
Masih menurut Ka RSAU dr. Hoediyono Lanud Suryadarma, dalam kegiatan ini terdaftar sebanyak 165 orang, namun hingga akhir kegiatan berhasil dikumpulkan sekitar 161 kantong darah dengan berbagai golongan darah untuk di simpan di PMI Subang. Sementara yang lainnya tidak bisa melaksanakan donor karena tidak memenuhi persaratan sebagai pendonor.
Sedangkan wakil dari PMI Subang dr. H. Mugia Nugraha, MM., yang juga menjabat sebagai wakil ketua Yankesmasos Subang, kegiatan donor darah ini merupakan suatu kerjasama yang sangat-sangat baik antara TNI khususnya Lanud Suryadarma dengan PMI yang selalu dinantikan dari rutinitasnya.
” Suatu hal yang luar bisa dari Lanud Suryadarma khususnya dapat menyediakan pendonor darah untuk stok darah di PMI, kami mengucapkan terima kasih kepada Komandan Lanud Suryadarma yang sudah mengizinkan anggotanya untuk mendonorkan darah ke PMI Subang,” jelasnya.
Dirinya juga berharap Lanud Suryadarma bisa secara rutin 3 bulan sekali atau apabila ada event-event tertentu yang ada di TNI AU untuk mengadakan donor darah sehingga pihaknya dapat hadir untuk melakukan kegiatan amal, sehingga stok darah di PMI dapat terus tersedia.
Hadir dalam kegiatan donor darah ini diantaranya Komandan Wingdikkal, Kolonel Kal., Hidayat Januardi, Komandan Wing 8 Kolonel Pnb., Khairun Aslam, Ketua PIA AG Cabang 5/ D. I Lanud Suryadarma Ny. Tanti Djohn Amarul, ketua PIA AG Cabang 8/G II Wingdikkal Ny. Hidayat Januardi, Para Kepala Dinas dari Lanud Suryadarma , Wingdiktek, Wingdikkal dan para pengurus PIA AG Bakorcab Kalijati.

About dwidjo -

Check Also

Antisipasi Guantibmas, Bhabinkamtibmas Polsek Kebon Jeruk Semakin Intens Pasang Stiker Kamera CCTV

Jakarta,  Koranpelita.com Bhabinkamtibmas Polsek Kebon Jeruk, Polres Metro Jakarta Barat kian intens melakukan tindakan preventif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *