Dewan Minta Usulan Penyediaan Internet Gratis Bagi Pelajar Dijawab Pemda

Banjarmasin, Koranpelita.com

Komisi IV DPRD (Kalimantan Selatan) Kalsel berharap sepekan kedepan, usulan penyediaan internet gratis bagi pelajar sudah ada jawaban dari pemerintah daerah.

Sebab internet gratis sangat dibutuhkan pelajar sehubungan adanya pembelajaran jarak jauh yang diterapkan pihak sekolah.

” Kami berharap satu pekan ini semua sudah ada jawaban karena ini sifatnya urgen sebab, sektor pendidikan juga tidak kalah penting dengan kesehatan,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, disela RDP bersama Satgas Penanangan Covid 19 Kalsel, Banjarmasin, (1/7/2020).

Usulan internet gratis ini menurut dia, sebagai salahsatu antipasi atas terhentinya proses belajar mengajar secara langsung saat kondisi pandemi yang diusulkan para orang tua didik

Selain itu penyedian internet gratis khusus siswa sekolah ini juga menyongsong saat kondisi normal, sehingga lebih membiasakan anak didik terhadap pengetahuan teknologi.

Rekomendasi itu lanjut ketua membidangi pendidikan ini, sudah diajukan sekitar sebulan lalu. Namun hingga kini belum ada jawaban, karena pemprov mengklaim masih membahas anggaran, sehingga dirinya pun sedikit merasa kecewa.

” Dalam rapat tadi kami minta satu minggu ini ada jawaban kepastian, jika tak kunjung juga maka komisi empat akan bikin pansus,” pungkas politisi Gerindra.

Plt Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, Roy Rizali Anwar, ST, MT, menyikapi usulan komisi IV terkait internet gratis pelajar ini secepatnya akan merumuskan bersama dengan melibatkan para pakar yang berkompeten sekaligus meminta pendapat apakah penyediaan internet ini masuk dalam skala prioritas jika harus menggunakan anggaran penanganan covid 19 ini.

” Ya nanti kita masukan pembahasan dengan melibatkan para pakar, karena kami tidak mau disalahkan apalagi ini terkait uang negara,” ucap Roy.

Untuk itu lanjut Kepala Dinas PUPR ini pihaknya mengapresiasi usulan tersebut dan menargetkan antara satu atau dua minggu nanti sudah ada hasilnya, apakah penyediaan internet gratis bagi pelajar ini bisa di anggarkan atau sebaliknya.

Kemudian jika nanti usulan internet gratis ini disetujui maka diharapkan ada keterlibatan dari Pemkab Kabupaten dan Kota.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, HM Yusuf Effendie, menambahkan, Disdikbud, tentunya mengapresiasi atas rekomendasi Komisi IV untuk tujuan peningkatan pendidikan dalam hal ini penyediaan internet dan buku dan alat tulis.

Untuk buku nantinya bisa melalui anggaran lain karena siswa belum bisa belajar sekolah langsung. Sedang fasilitas internet dalam kondisi ini tentunya patut menjadi perhatian. Tetapi kembali kepada kemampuan keuangan daerah. “Jadi ini masih dibahas,” jelas HM Yusuf Effendie. (Ipik)

About kalselsatu

Check Also

Wartawan Senior Perkuat KBB Kalteng

Palangka Raya, Koranpelita.com. Kepengurusan Kerukunan Bubuhan Banjar Kalteng (KBB) Periode 2020-2025 yabg diketuaii KH CHairudin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *