PUPR Rampingkan Organisasi

Jakarta, Koranpelita.com

Dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan organisasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penyederhananan organisasi.

“Perrampingan organisasi ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Salah satunya dengan menetapkan dan melantik pejabat administrator dan pengawas menjadi pejabat fungsional,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Selasa (16/6)

Menurutnya, perampingan jabatan struktural tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan dan pengambilan keputusan yang lebih cepat dengan melibatkan para profesional.. “Kita menuju ke arah spesialisasi melalui keahlian jabatan fungsional dimana semua kinerja pegawai dinilai setiap saat,” ujarnya.

Misalnya, ketika membangun sebuah bendungan, maka dibutuhkan berbagai jabatan fungsional yang ahli di bidang Sumber Daya Air. “Satu bendungan dibutuhkan ahli hidrologi, ahli geologi teknik, ahli pengairan. Termasuk juga di pembangunan jalan, ada ahli perkerasan, soil mechanic, dan yang lainnya,” kata Menteri Basuki.

Untuk itu, pihaknya juga menyiapkan program S2 Politeknik PUPR. “Ini untuk menyiapkan ASN Kementerian PUPR sebagai garda terdepan pembangunan di Indonesia,” tuturnya.

Profesionalisme
Menyinggung soal profesionalisme, pihaknya juga meningkatkan pelaku jasa konstruksi. Yakni Asosiasi Badan Usaha Jasa Konstruksi, Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi, dan Asosiasi Terkait Rantai Pasok Konstruksi melalui Program Akreditasi.

” Jasa konstruksi agar tetap tumbuh dan berdaya saing hingga dalam kompetisi global,” jelasnya.(oto)

About dwidjo -

Check Also

Pada WEF, Jokowi Sampaikan Komitmen Indonesia Bangun Ekonomi Tangguh

Jakarta, Koranpelita.com Presiden Joko Widodo menyebutkan Indonesia terus bekerja keras membangun ekonomi yang inklusif dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *