Posal TeloK Melano Laksanakan SAR Kapal Tenggelam di Perairan Sukadana

Pontianak,  Koranpelita.com

Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Teluk Melano yang berada dibawah jajaran Lanal Ketapang Lantamal XII bersama dengan Polairud Teluk Melano melaksanakan SAR terhadap KM. Mekar Jaya 03 yang mengalami kebocoran sehingga tenggelam dan karam di Perairan Sukadana, Jumat (12/6/2020).

Kronologis kejadian, KM. Mekar Jaya 03 GT 123 dengan muatan sekitar 110 ton barang kelontong dan sembako berangkat dari Pelabuhan Seng Hie Pontianak tujuan Pelabuhan Sonan Kabupaten Ketapang pada hari Rabu (10/6) dan singgah di Pelabuhan Perikanan Telok Batang untuk melaksanakan bekal ulang pada hari Kamis (11/6). Keesokan harinya, KM. Mekar Jaya 03 melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Sonan namun dalam perjalanan mengalami kebocoran pada lambung kanan yang mengakibatkan kayu papan timbau pecah sehingga air masuk pada bagian depan kapal sehingga tenggelam dan karam di Perairan Sukadana.

Informasi tenggelamnya KM. Mekar Jaya 03 diketahui dari laporan kerabat nakhoda kapal yang menginformasikan bahwa KM. Mekar Jaya 03 mengalami kebocoran pada bagian haluan kapal sehingga mengakibatkan kapal tenggelam di Perairan Sukadana bersama 6 orang ABK lainnya.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Posal Telok Melano bersama Polairud Telok Melano menuju lokasi kejadian dan melaksanakan SAR terhadap ABK KM. Mekar Jaya 03. Tujuh orang awak Kapal KM. Mekar Jaya 03 berhasil ditemukan oleh Tim SAR dalam keadaan selamat, selanjutnya dievakuasi menuju Kantor Pospolairud Telok Melano untuk dilaksanakan pendataan dan pengecekan kondisi kesehatan.(ay)

About ahmad yani

Check Also

TNI AL Kebut Vaksinasi Warga Bogor, Targetkan 140.000

Bogor, Koranpelita.com TNI Angkatan Laut (TNI AL) tiada hentinya kebut terus serbuan vaksinasi Covid-19, kali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *