Borobudur Siap Buka Untuk Wisatawan

Magelang,Koranpelita.com

Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menggelar simulasi protokol kesehatan sektor pariwisata. Simulasi tersebut untuk persiapan pembukaan wisata dalam penerapan New Normal.

Simulasi yang diikuti gubernur Ganjar Pranowo, dimulai dari penerapan protokol transportasi pengunjung baik rombongan maupun pribadi. Yakni penyemprotan disinfektan kendaraan, pemakaian masker, cuci tangan, hingga loket pembelian tiket yang ditetapkan jaga jarak.

Selain itu, pengelola candi juga menempatkan petugas di sejumlah titik di komplek candi untuk mengingatkan pengunjung terhadap penerapan protokol kesehatan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menuturkan, bahwa simulasi tersebut merupakan upaya persiapan dibukanya kembali Candi Borobudur untuk wisatawan umum.

“Hari ini kita melihat simulasi untuk menyiapkan candi dibuka untuk umum. Tapi bukan berarti Mak bruk, tapi dihitung oleh pengelola kapasitas pengunjungnya,” ujar Ganjar di Magelang, Rabo (10/6/2020).

Menurut Ganjar, pengunjung tahu tahapan protokol kesehatan yang diterapkan. Selain itu, menyiapkan guide yang selalu stanby menemani pengunjung.

Ia mengungkapkan, bahwa simulasi kali ini sebagai upaya jawaban keluhan dari pelaku wisata, terutama yang ada di Jawa Tengah.

Ganjar memastikan, simulasi serupa juga dilakukan di sejumlah obyek wisata lain di Jawa Tengah. Tak terkecuali desa wisata, yang berada di zona hijau.

Sementara, Direktur Utama TWCB, Edy Setijono mengungkapkan, selain Candi Borobudur juga dilakukan simulasi di Candi Prambanan dan Boko.

Terkait rencana pembukaan bagi wisatawan, ia memastikan akan menerapkan protokol kesehatan dan jumlah wisatawan dibuka secara bertahap.(sup)

About redaksi

Check Also

Jumlah Pemudik Lebaran 2024 di Jateng Mencapai 16,86 juta Orang

SEMARANG,KORANPELITA – Pada musim lebaran kali ini jumlah pemudik yang masuk dan melintas di Jawa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca