LAKSANAKAN KETAHANAN PANGAN, POSAL SAMAS LANAL YOGYAKARTA MANFAATKAN LAHAN KOSONG

Yogyakarta,  Koranpelita.com

Dalam upaya mengantisipasi ketersediaan bahan makanan sebagai akibat masih merebaknya pandemi virus Covid-19, Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Samas jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Yogyakarta, Lantamal V, Koarmada II melaksanakan kegiatan pemanfaatan lahan kosong untuk ditanami tanaman pangan dan tanaman obat keluarga (Toga), sebagai salah satu upaya melaksanakan program ketahanan pangan di area lahan kosong sekeliling Posal Samas. Kemarin.

Hal ini sesuai arahan petunjuk Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro agar sedapat mungkin prajurit dan keluarga besar Lanal Yogyakarta melaksanakan upaya-upaya penanaman tanaman pangan dan Toga, baik dilingkungan lahan kosong milik dinas maupun lahan tanam dari prajurit dan keluarga besar Lanal Yogyakarta.

“Upaya ini diharapkan sebagai upaya bersama kita dalam menjaga kekuatan dan kemampuan sumber pangan dan obat keluarga mengantisipasi situasi kelangkaan sumber pangan dan obat keluarga terdampak situasi virus Covid-19 yang masih terjadi sampai dengan saat ini”, tegas Danlanal Yogyakarta.

Kegiatan penanaman dipimpin Danposal Samas Peltu Bek Usmanudin, menyampaikan harapan kedepan tanaman ini dapat bermanfaat, baik untuk prajurit dan keluarga besar jajaran Lanal Yogyakarta khususnya Posal Samas maupun membantu warga sekitarnya, dimana kegiatan ini tidak hanya melibatkan prajurit Posal Samas namun secara bersama-sama kita mengajak kepada warga sekitar Posal untuk dapat memanfaatkan lahan kosong di sekitar tempat tinggalnya.

Adapun pemanfaatan lahan kosong Posal Samas dibagi beberapa tempat antara lain sebagai lahan tanaman pangan seperti singkong, jagung, pepaya dan pisang, untuk lahan tanaman Toga seperti jahe, lengkuas dan serai serta lahan sayuran dengan metode tumpang sari seperti cabe, tomat dan kemanggi.

Diharapkan penanaman tanaman pangan Posal Samas secara berkelanjutan akan ditingkatkan, baik menggunakan lahan kosong sekitar Posal maupun dengan metode hidroponik dan polybag.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Tingkatkan Silaturahmi, Kapolsek Kebon Jeruk Sambangi KH Sa’adi Al Batawi

Jakarta,  Koranpelita.com Kapolsek Kebon Jeruk Kompol R Manurung,  SH didampingi Wakapolsek Kebon Jeruk AKP Risris …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *