Wabah Bukan Komoditas Politik, Segera Lakukan Terbaik

Oleh: Aznil  Tan

Seorang presiden tidak bisa jatuh ketika negara sedang diserang wabah. Cuma orang tidak mengerti bernegara saja menjadikan wabah Corona yang sekarang sedang melanda dunia dijadikan komoditas politik untuk tujuan melengserkan presiden.
Itu orang yang tidak faham saja Cukup senyum saja.

Sebab wabah sekarang ini bukan karena ulah presiden atau akibat kelalaian pemerintah.

Jadi slow aja. .!
Jangan alergi dengan kritik.

Silahkan fanatik tapi jangan sampai rasionalitas berpikir kita hilang. Lalu kekritisan dikecam.

Tugas kita sekarang adalah bagaimana melindungi segenap bangsa Indonesia yang diamanatkan dalam Pembukaan UUD 45 alinea 4.

Jangan jadikan negara seperti kita hidup nafsi-nafsi, yaitu selamatkan hidup masing-masing. Wabah itu adalah tanggung jawab pemerintah. Pemerintah harus hadir all out untuk itu

Untuk pemahaman bagi yang belum mengerti makna bernegara. Bahwa Negara itu ibarat keluarga rumah tangga. Pemerintah itu adalah ibarat orang tuanya. Rakyat adalah ibarat anaknya.

Ketika anaknya sakit (baca : rakyat) maka adalah tanggungjawa orangtua (baca : pemerintah) berupaya segenap daya kemampuannya untuk mengobati anaknya dan mengantisipasi penularan kepada anaknya yang lain. Orangtua akan itu akan habis2an bahkan sampai menjual harta bendanya.

Jadi rumahtangga itu jangan takut jatuh miskin. Karena itu adalah resiko ketika ditimpa suatu bencana. Kita tawakal saja.

Begitu juga harus dilakukan oleh pemerintah sebagai tanggungjawab bernegara. Jadi jangan parno sampai mengkait-kaitkan akan terjadi kerusuhan dan penggulingan presiden. Itu halusinasi berlebihan namanya.

Sebab sistem yang ada di Indonesia sangat sulit melakukan impeachment presiden. Toh, beberapa negara yang melakukan lockdown, presidennya tetap aman-aman saja, kok! Juga tidak ada kerusuhan.

Kalau saya boleh usul ke pemerintah untuk langkah dilakukan pada kondisi sekarang adalah sbb, Sediakan masker gratis di setiap stasiun2, terminal, halte, pasar, dan tempat-tempat keramaian lainnya. Bagi yang tidak memakai masker ditindak.

Perbanyak penyediaan sanitizer di tempat-tempat publik. Lakukan penyemprotan disinfektan setiap titik keramaian sesering mungkin dan zona2 merah daerah penyebaran virus Corona di beberapa wilayah Indonesia

Gratiskan cek Corona bagi orang yang punya itikad baik untuk cek virus Corona. Sediakan ramuan imun corona buat masyarakat baik secara gratis atau harga terjangkau. Jaga stabilitas harga

Segera terjunkan militer untuk membagikan masker dan upaya2 lainnya dalam langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19. Jangan biarkan sekelompok orang membagi-bagikan masker dijalanan.

Jika perlu segera lakukan isolasi wilayah atau lockdown bagi daerah yang sudah dipetakan sebagai zona merah. Stop sementara bepergian baik keluar rumah atau ke daerah lain.

Pastikan ketersediaan jaminan pengaman kebutuhan pokok serta pengamatan sendi-sendi perekonomian masyarakat kecil/lemah jika dilakukan lockdown

Konsekuensi pilihan ini memang pahit dan banyak yang tidak mau terima.
Ingat! Bahwa, duit bisa dicari, tapi nyawa tidak bisa diganti.

About dwidjo -

Check Also

Kesaksian Jurnalis Palestina Bushra Jamal Ath-Thawil, Ungkap Fakta Penjajahan Zionis Israel

BUSHRA Jamal Muhammad Thaweel (22) memilih profesi wartawan setelah menyaksikan sendiri ayah dan ibunya ditangkap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *