Tak Sesuai Bestek, Jembatan Cibalagung-Kalimaya Ambruk

Cianjur, Koranpelita.com

Sesuai prakiraan sebelumnya, akhirnya Jembatan Cibalagung – Tangkil – Pasir Gede – Kalimaya, Cianjur, Jabar, tadi malam ambruk, diduga karena besi yang digunakan tidak sesuai bestek.

Pembangunan jembatan berbiaya Rp. 5, 8 milyar itu, dilaksanakan pemenang lelang penawar terendah
CV Karya Utama. Ketika pelaksanaan pembangunan akhir tahun 2019 sempat dikritisi Koranpelita.com karena menggunakan batu kali hasil mungut dari aliran sungai setempat.

Disamping itu diduga menggunakan besi berkulitas rendah seperti besi bentangan yang tidak sesuai bestek. Sehingga dikhawatirkan tak bertahan lama. Juga pengerjaannya molor dan dilakukan perpanjangan waktu karen tidak selesai tepat waktu yang seharusnya selesai 29 Desember 2019.

Kala itu, Direktur CV Karya Utama, H. Danda, mengemukakan kepada Koranpelita.com, mengakui atas adanya kekhawatiran tidak selesai tepat waktu dan pihaknya sudah mengantisipasinya dan meminta perpanjangan waktu kepada Dinas PUPR Kabupaten Cianjur.

“Terjadinya keterlambatan, selain tidak langsung dikerjakan setelah memenangkan tender karena banyak proses yang dillalui juga dalam pengerjaan di lapangan, terutama pemasangan rangka besi diperlukan sinkronisasi, sehingga memerlukan waktu, juga karena faktor cuaca,” ungkapnya.

Namun soal besi berkualitas rendah Danda membantah, bahwa besi yang digunakan sesuai bestek dan bersertifikat. Kini jembatan yang masih dalam pengerjaan itu, ambruk.

Bencana ambruknya jembatan itu, pengamatan Koranpelita.com diduga dari dampak pemenangan lelang penawaran terendah. Sehingga pengerjaanny didua asal-asalan demi keuntungan.

Terkait ambruknya jembatan ini, Direktur CV Karya Utama, H. Danda, belum berhasil dikonfirmasi Koranpelita. Com. (Man Suparman)

About redaksi

Check Also

Hadiri Pengukuhan dan Perpanjangan Pembakal dan Keanggotaan BPD HST, Supian HK : Jadikan Kepuasan Masyarakat Sebagai Tolak Ukur Keberhasilan

Barabai, Koranpelita.com Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Supian HK menghadiri pengukuhan perpanjangan masa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca