Kembangkan Perangkat Digital, Bank Kalsel Timba Ilmu ke Bank Jatim

Surabaya, Koranpelita.com

Untuk mengembangkan perangkat digital guna mendukung kebutuhan pasar sekaligus mendongrak pertumbuhan kredit bagi usaha micro kecil menengah (UMKM) Bank Kalsel, menimba ilmu ke Bank Jatim di Kota Surabaya, Kamis (21/11/2019) siang.

Ditujunya Bank Jatim, karena salah satu bank pemerintah daerah di Indonesia yang dinilai cukup maju bahkan mampu bekontribusi signifikan terhadap pendapatan Provinsi Jawa Timur.

Terkait teknologi digital, firanti maupun fitur-fitur yang kini sudah diaplikasikan dalam layanan nasabah, Kepala Sub Divisi Pengembangan TI Bank Jatim, M Machfud Hidayat mengatakan, selain pengelolaan dana di Bank Jatim, UMKM merupakan pangsa pasar utama dan menjadi fokus manajemen untuk terus dibina khususnya dalam mempermudah memperoleh kucuran kredit usaha.

Dalam kontek itu, Bank Jatim yang memilki aset sekitar 58 triliun ini, terus berupaya melakukan beragam inovasi sistem elektronik khususnya menyangkut kemudahan layanan bagi 7.500 UMKM.

“Kita fokus dan terus berupaya memberikan pelayanan kepada pelaku UMKM. Meski usaha kecil, tapi jumlahnya banyak,” Kata M Machfud saat audien yang juga dihadiri puluhan awak media dari Kalsel yang secara khusus hadir di Bank Jatim saat itu,

Dia merinci ada beberapa program yang telah direaliasikan Bank Jatim dalam pengelolaan keuangan dan penyaluran kredit untuk pelaku UMKM.

Khusus penyaluran kredit, sudah menyediakan E-Form Bank Jatim,
Cas (Credit Application System) Mikro, dan E-Loan Application System.

Sedangkan, program yang telah dilakukan dalam pengelolaan dana pelaku UMKM yakni lahirnya Jatim Code, EDC, Virtual Account.

Kemudian, terdapat E-Channel Bank Jatim (SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking), dan Scan QR Code.

Adanya beberapa inovasi perangkat dan fitur elektronik yang diaplikasilan sejak bulan Juli lalu, sedikitnya 500 UMKM Bank Jatim yang notebane pelaku UMKM telah memanfaatkan formulir elektronik untuk pengajuan kredit mereka.

Adapun proses atau jangka waktu untuk memperoleh jawaban disetujui atau tidaknya atas permohonan kredit bernilai 500 juta ke bawah, maka paling lama 1 sampai 7 hari kerja.

“Dari sini pengelolaan dana dan kredit untuk UMKM akan terus diusahakan,” timpal Pemimpin Sub Divisi Manajemen Kinerja Divisi Perencanaan Strategis & Manajemen Kinerja Bank Jatim, Teguh Sunyoto

Kepala Kelompok Sekretaris Perusahaan Bank Kalsel, Hadi Rahman, mengapresiasi sambutan hangat pihak bank Jatim, yangmana

ditengah kesibukan menjelang akhir tahun mempersiapkan pelaporan dan menyusun rencana bisnis, tapi berkenan meluangkan waktunya.
“Kita apresiasi dan berterima kasih atas sambutan hangat dari Bank Jatim,” ucap Hadi Rahman.(Ipik)

About dwidjo -

Check Also

Jateng Provinsi Terbaik Keterbukaan Informasi Publik

Semarang,Koranpelita.com Provinsi Jawa Tengah kembali mengukir prestasi dalam hal keterbukaan informasi publik. Mengungguli DKI Jakarta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *