Latihan Bersama ‘Cassoex’ TNI AL dan AL Autralia Sukses

Kupang,  Koranpelita

Latihan bersama antara TNI Angkatan Laut, dalam hal ini Komando Armada (Koarmada) III dengan Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy – RAN) yang diberi sandi Cassowary Exercise (Cassoex) 2019 selama satu minggu yang dimulai Selasa (10/9) di Perairan Kupang, Nusa Tenggara Timur berjalan lancar dan sukses serta meningkatkan hubungan baik yang telah terjalan selama ini.

Latihan tersebut ditutup oleh Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan S.E., M.M., selaku Officer Conducting Exercise di Mako Lantamal VII Kupang, NTT, kemarin.

Acara penutupan latihan ini dihadiri Head Military Strategic Commitment (HMSC) RAN, Rear Admiral Jammie Hatcher, Komandan Guskamla Koarmada III Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi, dan Komandan Lantamal VII Kupang Laksama TNI I Gusti Kompyang. Dalam latihan bersama tersebut, Koarmada III mengerahkan KRI Layang-635 dan KRI Tongkol-813, sedangkan RAN mengerahkan HMAS Maryborough-95.

Cassoex merupakan program kerja sama latihan antara TNI AL dengan RAN, yang rutin diselenggarakan dengan melibatkan unsur-unsur Angkatan Laut dari kedua negara.

Kerja sama tersebut untuk menciptakan kawasan perairan yang terkendali serta membina kerja sama yang telah terjalin dengan baik antara Indonesia dan Australia, khususnya TNI AL dan RAN. Macam latihan terdiri dari latihan taktis dan pasukan dengan metode diskusi, drill, dan gladi lapangan.

Latma Cassowex 2019 juga digunakan sebagai media untuk mempertahankan dan meningkatkan hubungan persahabatan antara Indonesia – Australia pada umumnya, dan TNI AL – RAN pada khususnya. Selain itu juga untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL – RAN serta sebagai media pertukaran informasi di laut (sharing Information) maupun media pertukaran pengetahuan (sharing knowledge).

Latihan ini akan terus berlanjut dimasa-masa yang akan datang untuk meningkatkan profesionalisme Prajurit TNI AL dan RAN serta hubungan kerja sama yang baik dalam menangani masalah-masalah pelanggaran di wilayah laut Negara masing-masing.

Upacara penutupan Latma Cassoex 2019 dilanjutkan dengan saling tukar cindera mata oleh Pangkoarmada III dengan HMSC RAN dan acara ramah tamah bersama seluruh peserta latihan.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Brimob Kalteng Sumbang 150 Paket Makanan untuk Warga

Palangka Raya, Koranpelita.com Satuan Brimob Polda Kalteng Jumat (25/9/2020) menggelar bakti sosial berupa pembagian sumbangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *