Saka Bahari Koarmada III Memajukan Generasi Muda

Sorong,  Koranpelita

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., mengatakan bahwa peresmian Gugus Depan (Gudep) dan Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari Koarmada III merupakan upaya mengaktifkan kegiatan Saka Bahari Koarmada III yang merupakan salah satu wadah nasional Gerakan Pramuka sebagai komponen cadangan yang berasal dari generasi muda di wilayah Papua Barat, khususnya di Kabupaten dan Kota Sorong.

“Dengan diresmikannya Gudep dan Saka Bahari Koarmada III maka terdapat tanggung jawab besar di Pundak kita untuk memajukan generasi penerus bangsa yang berjiwa bahari dan diharapkan dapat mengikuti kegiatan dari tingkat Kwartir Ranting (Kwaran), Kwartir Cabang (Kwarcab), bahkan sampai tingkat internasional,” tegas Pangkoarmada III dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) pada acara peresmian terbentuknya Gudep dan Saka Bahari Koarmada III di gedung serba guna Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Sabtu (7/9).

Pada acara tersebut, Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani, S.H., M.Si., selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Papua Barat yang diwakil Wakil Bupati Maybrat mengukuhkan Asisten Pembinaan Potensi Maritim Koarmada III Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka Bahari Koarmada III bersama sejumlah Pengurus dan Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim Koarmada III Kolonel Laut (P) Arief Rustaman sebagai Saka Bahari Koarmada III bersama para Pengurus.

Pada kesempatan ini juga hadir Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani, sejumlah pejabat Forkopimda Kota dan Kabupaten Sorong, sejumlah anggota Pramuka Saka Bahari Koarmada III.

Menurut Pangkoarmada III lebih lanjut bahwa Saka Bahari Koarmada III merupakan implementasi tugas amanat UUD 1945 tentang Hak dan Kewajiban seluruh warga negara dalam upaya bela negara, dengan melakukan kegiatan-kegiatan nyata produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air yaitu cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara kepulauan dengan segala keberagaman/kebhinekaannya, khususnya kepada generasi muda Indonesia.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Dansatdik 3 Sorong Kodiklatal Paparkan Pelaksanaan Pendidikan Program Khusus Papua

Surabaya,  Koranpelita.com Komandan Satuan Pendidikan (Dansatdik) 3 Sorong Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan TNI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *