Saudi Terapkan Kebijakan Pemulangan Jamaah Haji

Jeddah, Koranpelita.com

Eyab, Iyab, Iyaban berarti pulang. Kini Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia menerapkan kebijakan baru pemulangan jamaah haji.

Saudi Arabia menjanjikan proses yang cepat, aman dan nyaman bagi jamaah haji untuk kembali ke Tanah Air.

Indonesia, Malaysia dan India menjadi pilot proyek penerapan Eyab. Tahun depan diharapkan penerapan Eyab makin luas, setidaknya separo dari jamaah haji Indonesia.

“Eyab saat ini masih dalam tahap uji coba. Inovasi yang diberikan kepada tiga negara yakni Indonesia, Malaysia dan India. Semoga tahun depan dapat dinikmati oleh minimal separuh jemaah Indonesia,” kata Nizar, di Jeddah, Senin 19 Agustus 2019.

Nizar yang ditemui saat memantau proses kepulangan jamaah kloter 4 Debarkasi Jakarta Bekasi (JKS 04) di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, menjelaskan Eyab ini merupakan layanan jalur cepat untuk kepulangan jamaah haji.

Laiknya fast track yang diterapkan pada keberangkatan, Eyab tidak memerlukan prosedur panjang keimigrasian untuk kepulangan jemaah haji.

Tiga hari sejak fase kepulangan dimulai, terdapat tiga kloter jamaah haji Indonesia telah diterbangkan melalui jalur khusus Eyab. Ketiganya yakni Embarkasi Jakarta Bekasi JKS-4 dan JKS-11 serta Embarkasi Surabaya (SUB-4).

“Saat ini, baru sekitar 16 kelompok terbang jamaah asal Indonesia yang dilayani Eyab,” ujarnya.

Eyab dinilai memberikan kenyamanan bagi jamaah haji. Kenyamanan sudah terasa sejak jamaah tiba di Bandara King Abdulaziz, Jeddah saat turun dari bus. Terdapat penyambutan luar biasa dari Muasassah dan Gaca.

Masa tunggu di bandara yang cukup lama, bisa diisi jamaah untuk beristirahat dilengkapi berbagai fasilitas. Mulai dari ruangan yang dilengkapi pendingin udara, hiburan hingga menikmati kuliner.

“Ini tentu patut kita syukuri bersama karena pelayanan ini istimewa yang diberikan pemerintah Arab Saudi kepada jamaah haji Indonesia,” tandasnya.

“Atas nama bangsa dan negara berterima kasih pada pemerintah Arab Saudi,” ungkap Nizar.

Seorang haji asal Depok Asep Galdiri mengaku senang dengan berbagai layanan yang diterima saat dari Tanah Suci.

“Fasilitas cukup luar biasa. Seluruhnya jemaah Insya Allah mabrur. Fasilitas seluruhnya tidak ada yang mengecewakan, puas untuk jamaah dan mudah mudahan tahun berikutnya seperti itu,” kata dia.(djo/mch)

About redaksi

Check Also

Tuntut Pemilu Ulang, Ratusan Aliansi Masyarakat Sipil Jawa Tengah Datangi KPU Jateng

Semarang,koranpelita com – Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sipil Jawa Tengah, yang terdiri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.