Dankodiklatal Hadiri Serah Terima KRI Kerambit-627 di PT PAL Surabaya

Surabaya,  Koranpelita

 Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto secara resmi menghadiri penyerahan KRI Kerambit-627 dari PT Pal Indonesia ke Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang diterima langsung Menteri Pertahanan RI Jendral TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu. Adapun penyerahan tersebut dilaksanakan di Dermaga PT Pal Ujung Surabaya.

Tampak hadir pada acara tersebut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.I.P, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M, Para Asisten kasal, Panglima Koarmada II dan Komandan lantamal V Surabaya.

KRI Kerambit-627 merupakan jenis Kapal Cepat Rudal (KCR), selesai penyerahan dilanjutkan dengan upacara peresmian dan pengukuhan Komandan KRI Kerambit-627 pertama oleh Kepata Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Komandan KRI Kerambit-627 pertama ini adalah Letkol laut (P) Arief Kurniawan Hartanto dikukuhkan bersama 53 awak kapal lainnya.

Sebelum penyerahan dilaksanakan rangkaian uji layak laut. yang meliputi pengujian kecepatan, pengujian peralatan, perrnesinan hingga pengujian maneuver kapal yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Adapun spesifikasi  KRI Kerambit-627 adalah panjang 60 meter, dengan lebar 8,10 meter, sarat 2,57 meter serta memiliki bobot 467 ton mampu berlayar hingga kecepatan 28 knots.

Selesai pengukuhan Komandan dan awak kapal Kepala Staf Angkatan laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyampaikan bahwa KRI Kerambit-627 ini akan dioperasionalkan langsung di Koarmada I wilayah barat.

Menurutnya saat ini saat ini TNI AL telah memiliki tiga kapal jenis KCR seperti KRI Kerambit-627 di Armada I dan II. Namun KRI Kerambit-627 memiliki peralatan dan sistemnya jauh lebih canggih. Sedangkan untuk pemilihan nama Kerambit merupakan nama dari senjata tradisional Minangkabau. (ay)

About ahmad yani

Check Also

Arus Lalu Lintas Di Tol Semarang – Batang Padat Merayap

Semarang,Koranpelita.com Kepadatan arus lalu lintas kendaraan yang melintas di tol Semarang-Batang sudah mulai terasa masa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *