Taruna AAL Naik Tingkat dan Pangkat

Surabaya,  Koranpelita. Com

Sebanyak 311 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 65, 66 dan 67 menerima kenaikan tingkat dan pangkat pada Upacara Kenaikan tingkat, dengan Inspektur Upacara Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. di Lapangan Banda AAL, Bumimoro, Surabaya, Selasa (19/7).

Dari 311 Taruna terdiri dari 110 Taruna angkatan ke-67 dinyatakan naik ke tingkat II dari Kopral Taruna (Koptar) menjadi pangkat Sersan Taruna (Sertar), selanjutnya 103 Taruna angkatan ke-66 dinyatakan naik ke tingkat III dari Sersan Taruna (Sertar) menjadi Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar).

Dan 97 Taruna angkatan 65 dinyatakan naik ke tingkat IV dari Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar) menjadi Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Gubernur AAL mengatakan, upacara kenaikan tingkat dan pangkat yang kita laksanakan hari ini, bukanlah sesuatu yang otomatis, karena para Taruna dan Taruni sudah berada di AAL.

Namun merupakan wujud penghargaan dari pemimpin kepada para Taruna dan Taruni yang telah memenuhi standar persyaratan dalam bidang Akademik, Kesehatan, Kesamaptaan jasmani dan Kepribadian, setelah melalui suatu proses penilaian dan pengamatan obyektif, transparan serta dapat dipertanggung jawabkan melalui Sidang Dewan Akademik.

“Hal ini membuktikan bahwa para Taruna dan Taruni yang bersangkutan benar benar rajin, tekun, memiliki semangat, motivasi tinggi serta disiplin dalam proses belajar dan berlatih sehingga layak untuk naik satu tingkat lebih tinggi dari semula,” tegasnya.

Selain itu, secara hakiki kenaikan tingkat dan pangkat adalah suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, kepada hambanya.

“Oleh karena itu, moment kenaikan tingkat ini hendaknya disyukuri, bukan hanya secara lisan saja, tetapi harus diimplementasikan dan ditampilkan dalam wujud belajar dan berlatih semakin giat serta bersemangat lagi selama menempuh pendidikan di AAL,” kata Gubernur AAL.

Gubernur AAL juga menjelaskan, ciri-ciri pemimpin yang baik adalah mereka yang profesional di bidangnya, bermoral, memahami dan melaksanakan 11 azas kepemimpinan, memiliki tingkat keimanan dan ketaqwaan yang tinggi serta berani, yang ditunjukkan dengan semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi.

Dengan demikian, para Taruna dan Taruni juga dituntut untuk memiliki kemampuan dan skill yang lebih baik, lebih smart, visioner, ulet dan lebih peka dari anak buah, sehingga anak buah akan merasa terinspirasi, kagum, loyal dan hormat kepada pemimpinnya.

“Semua bekal kepemimpinan tersebut, akan kalian peroleh di AAL ini, sebuah institusi yang memang dipersiapkan oleh para pendahulu untuk mencetak pemimpin-pemimpin unggulan dari generasi ke generasi.” ujarnya.

Gubernur AAL berharap, agar para pengasuh, gadik dan instruktur, hendaknya menyadari dan terus instropeksi diri, bahwa penugasan di Lembaga Pendidikan Akademi Angkatan Laut adalah tugas yang besar, mulia dan terhormat.

“Karena disini, kita mendedikasikan diri pribadi, menginvestasikan loyalitas kita, untuk berbuat yang terbaik bagi calon-calon pemimpin bangsa masa depan, yang pada jamannya akan membawa manfaat dan kemaslahatan, sebesar-besarnya bagi perbaikan dan kemajuan bangsa0” tandasnya.

Acara yang dihadiri Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., para pejabat teras AAL, Perwira dan taruna AAL ini, juga dilaksanakan penyematan kenaikan pangkat kepada perwakilan Taruna.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Polsek Kalianda Amankan Oknum Pol PP Diduga Jadi Pengedar Narkoba

Kalianda, Koran pelita.com Kepolisia Sektor (Polsek) Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel) kembali berhasil meringkus jaringan peredaran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *