Jahe Kocok, Bir Khas Bogor Berkhasiat

Bogor, Koranpelita.com

Jika Jakarta mempunyai Bir Pletok, lain dengan Bogor yang mempunyai minuman tradisonal bernama Jahe Kocok atau seringkali di plesetin menjadi Bir Kocok. Satu-satunya lokasi untuk menemukan keberadaan penjual Bir Kocok di pusat kuliner kota Bogor di Jalan Surya Kencana, disini dengan mudah bisa kita temui penjual Bir Kocok yang mangkal di sepanjang jalan menggunakan gerobak kecil.

Sejak tahun 1965, Bir Kocok mulai tercipta oleh generasi pertama kemudian diwariskan secara turun temurun sampai sekarang oleh anak-anaknya. Bir Kocok ini telah menjadi salah satu kuliner khas Bogor yang melegenda. Namun sayangnya, banyak juga masyarakat Bogor yang tidak mengetahui adanya minuman yang satu ini.

Kenapa orang sering menyebut Bir Kocok ?

Disebut Bir Kocok karena warna coklatnya menyerupai bir dan kalau dikocok-kocok mengeluarkan buih seperti layaknya minuman bir maka disebutlah Bir Kocok. Tapi tenang saja, walaupun minuman ini menggunakan nama bir dijamin tak ber-alkohol. Aman dan halal untuk diminum oleh siapa saja.

Pembuatan biang bir kocok ini sebenarnya sangat sederhana, semua bahan bakunya direbus terlebih dahulu, barulah di saring dan ditempatkan di botol-botol. Es Bir Kocok ini baru akan dibuat berdasarkan pesanan, ditempatkan di sebuah teko aluminium kemudian dicampur dengan es dan barulah di kocok-kocok sampai berbuih.

Satu gelas Bir Kocok dihargai Rp. 5 ribu, dan bisa juga dipesan menggunakan botolan. Meskipun murah, Bir Kocok dibuat masih dengan cara tradisional dan berbahan baku alami yaitu Jahe, Kayu Manis, Cengkeh, dan Gula Aren.

Sangat menyegarkan, buih Bir Kocok
Campuran pedas jahe dan rasa manis gula jawa yang ada dalam segelas Bir Kocok akan sangat terasa di tenggorokan. Selain itu, masih ada aroma cengkeh dan kayu manisnya. Begitu diminum akan terasa segar karena dinginnya memakai es batu, tapi tidak lama kemudian badan akan terasa hangat. (mbh)

Bir Kocok ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, bisa untuk menghilangkan masuk angin dan bisa juga untuk menyegarkan badan jika badan terasa sakit.

About dwidjo -

Check Also

Peringatan Sumpah Pemuda Bersama Difabel dan Eks Napiter

Semarang,Koranpelita.com Ada yang berbeda dalam peringatan hari Sumpah Pemuda di Jawa Tengah yang digelar di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *