Spotmar Koarmada III Panen Raya Budidaya Ikqn Kakap Putih

Sorong, Koranpelita. Com

Staf Pembinaan Potensi Maritim Komando Armada (Spotmar Koarmada) III, menyelenggarakan Panen Raya (Family Gathering) Budidaya Ikan Kakap Putih Keramba Jaring Apung Laut di Pantai Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat (29/6).

Spotmar Koarmada III dinilai berhasil melakukan pembesaran ikan kakap putih dalam keramba jaring apung pada perairan laut murni Pantai Klaligi.

Keberhasil tersebut antara lain ditandai dengan Panen Raya yang diawali oleh Panglima Koarmada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., kemudian Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), dan diteruskan para prajurit Koarmada III.

Pangkoarmada III mengatakan bahwa salah satu tugas TNI Angkatan Laut pada masa damai berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 pasal 9 adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Implementasi tugas tersebut, Spotmar Koarmada III melaksanakan kegiatan pembinaan potensi maritim dan berbagai kegiatan fisik, salah satunya adalah Spotmar Koarmada III pada tahun 2019 melaksanakan budidaya ikan kakap putih dengan menggunakan keramba jaring apung laut di perairan Pantai Klaligi, Kota Sorong.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat masyarakat desa pesisir dalam usaha pembudidayaan ikan laut dengan menggunakan keramba jarring apung laut dengan memperhatikan kelayakan aspek ekonomis, teknologi dan manajemen budidaya ikan dengan pola kebersamaan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa pesisir, khususnya desa binaan Koarmada III di wilayah Papua Barat yang diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

Melalui kegiatan ini, Pangkoarmada III mengharapkan dapat membangun karakter masyarakat dan budaya bangsa sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu gotong royong dan tolong menolong dalam membangun untuk kesejahteraan masyarakat.

“Interaksi antara Prajurit Koarmada III dengan masyarakat, akan membantu mengatasi kesulitan masyarakat desa pesisir di Sorong dan sekitarnya,” ujarnya.

Acara Panen Raya (Family Gathering) tersebut sarat dengan kebersamaan dan kegembiraan, utamanya pada saat makan siang bersama Pangkoarmada III dengan seluruh prajurit, termasuk Anak Buah Kapal KRI Teluk Lada-521 menikmati hasil panen raya ikap kakap putih.

Spotmar Koarmada III melakukan pembesaran ikan kakap putih dalam keramba jaring apung pada perairan laut murni Pantai Klaligi.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Penerapan Protokol Kesehatan Tetap Menjadi Perhatian Pada Penerimaan Calon Siswa Caba Pria/Wanita dan Cata PK TA. 2020

Banyuwangi,  Koranpelita.com Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi, Lantamal V, Koarmada II, dalam hal penerimaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *