Jelang Pilbup Kotim 2020, Kandidat Bermunculan

Sampit, Koranpelita.com.

Menjelang Pilbup Kabupaten Kotawaringin Timur ( Kotim) Provinsi Kalteng ,pada Pilkada serentak tahun 2020 atmosfir kontestasi menjadi Bupati dan Wakil Bupati setempat periode 2021-2025 mulai terasa.

Saat ini mulai bermunculannya “sang calon”menyatakan kesiapannya bertarung dalam Pilkada tersebut.

Mereka adalah Ketua DPRD Kotim H. Jhon KrislI SE,MSi dari PDI Perjuangan yang akan maju dari jalur independen, dan “khabarnya”akan berpasangan dengan KH. Yusup Qudromy SH, salah seorang tokoh masyarakat di Sampit sebagai cawalbupnya.

Kemudian Drs. HM.Taupiq Mukri SH, MM Wabup incumbent Kotim dua periode 2010-2015 dan 2016 -2021,yang akan berpasangan dengan H.Supriadi MT,S.Sos Wakil Ketua DPRD Kotim dan Ketua DPD Partai Golkar setempat sebagai cawalbupnya.Menurut H. Supriadi Parpol yang mengusung mereka adalah Golkar, Hanura dan PKS , serta tidak menutup kemungkinan parpol lain nantinya akan bergabung.

Diprediksi Wabup Kotim Taupiq Mukri akan menjadi Bupati setempat dalam dua tahun terakhir ,berkenaan dengan ditetapkannya Bupati Kotim sekarang H.Supian Hadi S.IKom sebagai tersangka oleh KPK sekitar awal Februari 2019 lalu, terkait dugaan penyalahgunaan wewenang pemberian Izin Usaha Pertambangan (IUP) kepada beberapa perusahaan tambang yang disinyalir menimbulkan kerugian negara Rp.5,8 triliun dan 711.000 dolar Amerika Serikat.

Kemudian kandidat calbup Kotim yang menyatakan maju pada Pilbup Kotim tahun 2029 yaitu, Muhammad Arsyad yang berhasil terpilih sebagai anggota DPRD Kotim dalam pemilu serentak 17 April 2019 lalu.

Menurut Arsyad mantan jurnalis yang pernah menjadi pimpinan Harian Radar Sampit (Grup Jawa Pos) ini, dirinya siap maju sebagai kader Partai Golkar dalam Pilbup Kotim tahun 2020 ,jika diberi kepercayaan.Diprediksi, yang juga akan maju dalam Pilbup Kotim tahun depan yakni M.Rudini Ketua DPD PAN Kotim.Dimana dalam pemilu serentak tadi Partainya meraih enam kursi dan dirinya juga terpilih sebagai anggota DPRD Kotim lima tahun kedepan. Disebut-sebut pasangan cawalbupnya yaitu KH.Syamsudin SPd Kepala Kemenag Kotim.

Sementara itu Partai Demokrat Kotim yang meraup kursi yang cukup untuk mengusung kandidat Calbup-cawalbup Kotim tahun depan, melalui ketuanya Parimus SE ketika dikonfirmasi, menyatakan belum tahu siapa nanti yang bakal diusung dalam kontestasi Pilkada Kotim tahun 2020.Sementara itu partai lain yang juga mampu mencalonkan kandidat kepala daerah Kotim tahun depan karena raihan kursi yang cukup adalah PDI Perjuangan, Gerindra dan beberapa Parpol lainnya.

Selain mungkin yang akan berkoalisi untuk menampilkan calonnya dalam Pilbup Kotim tahun depan.Diperkirakan jumlah pasangan calbup dan cawalbup Kotim pada Pilbup tahun 2020 akan lebih dari empat pasang kandidat kepala daerah. (Ruslan AG).

About dwidjo -

Check Also

BPD Siap Kawal Program Pemdes Sesuai Aturan

Katingan , Koranpelita.com. Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bumi Subur, Henny Meitriyati menyatakan siap kawal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *