Badan kebijakan fiskal adakan pelatihan publik speaking

Toastmaster adalah sebuah organisasi non profit yang bergerak di bidang komunikasi dan kepemimpinan. Didirikan oleh Ralph C. Smedley di Santa Ana, California pada tahun 1924.

 
Di Indonesia, Toastmasters Club banyak tersebar di kota-kota besar yang ada di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Jogjakarta, Bali,dll.
 
“Jadi Toastmaster club adalah klub untuk belajar public speaking dengan  memakai bahasa Inggris,”kata Liana Kwan, District Director 87 Toastmaster Indonesia saat acara     Knowledge Sharing Session, How Toastmasters Change Your Life  yang diadakan oleh Badan Kebijakan Fiskal  (Ministry of Finance) Toastmaster Club.
Acara itu merupakan bagian dari kunjungan International Director dari Toastmaster
International ke Indonesia yaitu TM David Templeman DTM dari Amerika Serikat.
Dijelaskannya, dalam sebuah pertemuan Toastmasters, sekitar 20 orang akan berkumpul dan berlatih untuk memberikan presentasi. “Member akan mempersiapkan sebuah pidato / presentasi singkat berdurasi 5 – 7 menit, nantinya akan ada member lain ,biasanya yang lebih senior yang memberikan evaluasi,”paparnya.
 Sedang David Templeman menuturkan,” Di kehidupan sehari-hari kita perlu kemampuan public speaking, walaupun masih sebagai mahasiswa atau pelajar  dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang bagus. Apalagi ketika memiliki karir ataupun menjadi wirausaha,”ucapnya.
Sedang Indriati Permanasari, Div I Director TI menjelaskan,  “Toastmaster bermarkas di Englewood, Colo, Amerika Serikat, organisasi ini memiliki anggota lebih dari 357.000 orang dan 16.600 cabang di 143 negara. (Dohan)

About Doddy koranpelita

Check Also

Bawaslu Ajak OMS dan Media Masa Ikut Awasi Tahapan Pilkada

Palangka Raya , Koranpelita Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Tengah (Kalteng) Divisi Pengawasan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *