Gubernur Anies ketika mencoba minum air bersih dari fasilitas SWRO (Sea Water Reverse Osmosis) di Pulau Seribu.
Gubernur Anies ketika mencoba minum air bersih dari fasilitas SWRO (Sea Water Reverse Osmosis) di Pulau Seribu.

Warga Pulau Seribu Sudah Bisa Minum Air Bersih

Jakarta, Koranpelita.com

Warga yang bermukim di Kepulauan Seribu saat ini sudah bisa merasakan minum air bersih. Padahal sebelumnya warga di sana sangat sulit mendapatkan air tawar yang bisa diminum.  Warga Pulau Pramuka Kepulauan Seribu kini bisa menjawabnya dengan suk cita mereka merasakan manfaatnya dengan minum air bersih.

Sejak tahun lalu, Pemprov DKI Jakarta sudah membangun fasilitas SWRO (Sea Water Reverse Osmosis)  di empat pulau. “Harapannya nanti kita akan bisa membangun total 9, sehingga dari 11 pulau yang berpenghuni kita bangunkan 9 SWRO ini,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jumat (22/3).

Fasilitas SWRO bisa menyuling air laut menjadi air layak minum. Ada sekitar seribu rumah di Pulau Pramuka, 300 sudah terjangkau dengan air dari SWRO ini. “Nantinya kita akan menjangkau semua rumah. Tahun 2018 kemarin sudah sepertiga, dua per tiga kita akan kerjakan tahun ini, dan tahun depan,” tambah Anies Baswedan.

Selain SWRO, Pemprov DKI Jakarta juga mengembangkan BWRO atau Brackish Water Reverse Osmosis. “Alat ini dapat mengubah air payau menjadi layak minum. Kualitas airnya bahkan tidak kalah dengan air-air yang diproduksi pada air kemasan yang selama ini kita beli,” tandasnya. (naz)

About djo

Check Also

Pohon Kurma Di Depan Pos Polsubsektor Casagoya Tumbang Akibat Hujan Deras

Jakarta,  Koranpelita.com Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Jakarta Barat, khususnya di wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *