PELATIHAN- TNI AL menggelar pelatihan SIRUP versi 2.3 dan bimbingan teknis Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3 tahun 2019.dispenal

TNI AL Gelar Pelatihan SIRUP dan Bimtek SPSE 2019

Dalam rangka memudahkan masyarakat dalam mengakses secara langsung pengadaan barang dan jasa secara nasional, TNI Angkatan Laut menggelar pelatihan Sistem Informasi dan Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) versi 2.3 dan bimbingan teknis Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3 tahun 2019.

Jakarta, Koranpelita.com-Pelatihan tersebut dibuka Paban V Dalpro Srenal Kolonel Laut (T) Widodo, mewakili Asrena Kasal Laksamana Muda TNI  Arusukmono I.S., S.E., M.M., di Gedung Serbaguna Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (20/3).

Pelatihan dilaksanakan dalam dua tahap yakni  tanggal 20 Maret 2019 untuk pelatihan SIRUP versi 2.3, dan tanggal 21 sampai dengan 22 Maret 2019 untuk pelatihan SPSE versi 4.3. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 150 personel TNI AL dari seluruh Kotama dan Lantamal I s.d. XIV wilayah Indonesia.

Asrena Kasal dalam sambutannya yang dibacakan Paban V Srenal antara lain mengatakan bahwa SIRUP adalah aplikasi sistem informasi rencana umum pengadaan berbasis web (web based) yang berfungsi sebagai sarana atau alat untuk mengumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP). RUP merupakan kegiatan yang terdiri dari identifikasi kebutuhan barang/jasa, penyusunan dan penetapan rencana penganggaran sampai dengan penyusunan Kerangka Acuan Kerja (KAK).

Tidak hanya itu, Asrena Kasal juga menyampaikan tentang Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) yang merupakan aplikasi E-procurement yang dikembangkan LKPP untuk digunakan LPSE di instansi pemerintah seluruh Indonesia. “Aplikasi ini dikembangkan dengan semangat efisiensi nasional, karena tidak memerlukan biaya lisensi dan aplikasi. Hal ini sangat membantu pelaksanaan tugas TNI AL apabila dilaksanakan secara berkesinambungan dalam pengadaan barang/jasa pemerintah”, ujar Paban V membacakan sambutan Asrena Kasal.

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta sehingga selesai pelatihan mereka dapat mengaplikasikannya di kesatuan masing-masing.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Kapolda Letakan Batu Pertama Pembangunan Paviliun Dhira Jaya

Palangka Raya ,Koranpelita.com. Sebagai bentuk upaya meningkatkan Pelayanan Kesehatan (Yankes), Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *