Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra
Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra

Tommy Soeharto: Kemandirian Pangan dan Energi untuk Rakyat

Jakarta, Koranpelita.com

Bagi Partai Berkarya, menggerakkan peran-serta masyarakat untuk mencukupi kebutuhan energi keluarga melalui biogas merupakan solusi sederhana namun efektif.

Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) kepada putra-putri transmigran yang mengunjungi Saung Berkarya di Hambalang, Bogor, Rabu (13/3/2019) lalu.  Penyampaian Tommy rangkaian kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) ke-IV Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) digelar 12-14 Maret.

Saung Berkarya adalah bengkel kerja (workshop) yang dibangun dan diampu Tommy sebagai wujud kepedulian Partai Berkarya terhadap persoalan pemenuhan pangan dan energi masyarakat. Saung itu terbuka untuk memberikan keahlian dan kecakapan dalam pertanian, peternakan dan biogas untuk masyarakat yang berminat dan membutuhkan.

“Apalagi saat ini pemerintah pun sudah cukup kewalahan dengan subsidi LPG yang sudah mencapai Rp 24 triliun, subsidi minyak tanah yang besarnya Rp 18 triliun, serta subsidi pupuk yang mencapai Rp12 triliun,” sebut Tommy.

Sri Wahyuni menjelaskan program Kemandirian Pangan dan Energi tersebut berintikan pertanian terpadu. Secara sederhana, dalam skala kecil masyarakat akan didorong untuk mampu memenuhi kebutuhan pangan dan energi mereka sendiri. “Jadi, kita berpikir sebaiknya setiap desa itu memiliki dan menonjolkan kekhasan mereka sendiri.

Saat ini, kata Sri juga anggota Dewan Pakar Partai Berkarya itu, pihaknya sudah memiliki proyek percontohan di Sentani, Papua. “Kami akan segera mencobakannya di Nagere, di Merauke, di Kerom, lalu Jayapura, dan beberapa tempat lain di Papua,” ujar Sri. (news/naz)

 

About djo

Check Also

Wapres Ma’ruf Amin, Bencana Hedrometeorologi Masih Mendominasi Bencana Indonesia

BANDUNG,KORANPELITA  – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, bencana hidrometeorologi masih mendominasi kejadian bencana di Indonesia. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca