Outlet - Dandim 0509/Kab.Bekasi, Letkol Arh Jimmy Hutapea didampingi Ketua Persit KCK Cab XXIII Di 0509, Ny, Dewi Jimmy Hutapea kunjungi Outlet Batik BUMDes Setia Asih yang langsung disambut Kades Setia Asih, Hj.Siti Qomariah, SIP dan H. Mahdi Syaihon, Kamis (21/2/2019).

Dandim 0509 Kagumi Produk Batik “Samara” Desa Setia Asih

Bekasi, KP – Kepala Desa Setia Asih, Hj. Siti Qomariah, S.IP didampingi suaminya H. Mahdi Syaihon menerima kunjungan Dandim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Arh Jimmy Hutapea bersama Ketua Persit KCK Cabang XXIII Dim 0509 Ny,  Dewi Jimmy Hutapea dan pengurus melihat produk batik Samara Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Setia Asih, Kec Tarumajaya , Kamis (21/2/2019).

Letkol Arh Jimmy Hutapea menyampaikan, dirinya berkunjung ke Desa Setia Asih  dikarenkan di Kabupaten Bekasi merupakan salah satu desa yang menonjol karena mempunyai produk batik BUMDes Setia Asih yang sudah bagus dan mempunyai hak paten bahwa produk batik samara . “Desa Setia Asih merupakan Desa yang menonjol dari Desa yang laen, pemberdayaan masyarakatnya sudah cukup bagus dan luar biasa, ” tuturnya.

Masih kata Dandim, Pihaknya merasa bangga dengan adanya potensi di Desa Setia Asih yang mempunyai batik apalagi bisa melakukan pemberdayaan masyarakat khususnya ibu-ibu. Dengan tidak menggunakan mesin sehingga masyarakat bisa mendapatkan hasil dari BUMDes tersebut. “Ini pemberdayaan masyarakat yang bagus dan luar biasa dan slah satu ekonomi kerakyatan,”ucapnya.

Selain itu, Masih kata Dandim. Dengan adanya batik yang ada di sini (Setia Asih-red) pihaknya akan membantu mendorong agar budaya membatik bisa dilestarikan dan di contoh daerah-daerah lainnya. “Selain sebagai budaya. batik samara bisa di contoh daerah-daerah laen, batik samara ini sudah tenar dan sudah di patenkan kami akan membantu mendorongnya agar lebih maju lagi, “kata Letkol Arh Jimmy.

Sementara itu, Kepala Desa Setia Asih, Hj. Siti Qomariah, S.IP didampingi suaminya H. Mandi Syaihon mengatakan, pihaknya berterimakasih atas kunjungan Dandim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Arh Jimmy Hutapea semoga dengan kunjungan yang dilakukan bisa menambah motivasi bagi para pengrajin batik di Setia Asih. “Terimakasih atas kunjungan Dandim dan Ibu serta anggota yang laen nya ini salah satu motivasi bagi kami, “katanya.

Dirinya menjelaskan,Di sini Motif dan corak batik Samara terbilang berbeda dengan batik lainnya dan mencerminkan motif khas Kabupaten Bekasi dengan menampilkan motif daun eceng gondok, ikan gabus, dan lainnya. Sehingga mata siapapun yang memandang dapat memahami bahwa itu batik Bekasi.

“Batik Samara merupakan buatan asli warga Desa Setia Asih yang dikerjakan dengan memperdayakan masyarakat setempat dan diajarkan oleh ibu PKK Desa Setia Asih,” kata Kepala Desa Setia Asih, Siti Qomariah .

“Intinya Bekasi banget pokoknya,” ucapnya.

Selain batik samara masih banyak pemberdayaan masyarakat yang ada di Desa Setia Asih guna meningkatkan ekonomi keluarga. Kebanyakan ibu rumah tangga yang dipekerjakan, sehingga mereka tidak lagi harus mengandalkan pendapat dari suaminya saja.(ane)

About dwidjo -

Check Also

Kapolda Kalbar Pimpin Serah Terima Jabatan Empat Kapolres

Pontianak, koranpelita.com  Empat Polres di Polda Kalimantan Barat mengalami rotasi kepemimpinan. Serah terima jabatan empat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *