Peringatan Hari Jadi ke-57 Kohanudnas

Kohanudnas merupakan ujung tombak Kotama Operasional TNI dalam menegakkan kedaulatan negara di udara dan mengatur seluruh potensi kekuatan udara Bangsa Indonesia.

Kohanudnas Ujung Tombak Menegakkan Kedaulatan Udara
Jakarta, KP-
Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Panglima Kohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., pada upacara puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-57 Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) yang dilaksanakan di lapangan apel Makohanudnas Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (9/2).
Panglima TNI menambahkan, sepanjang sejarah sejak kelahirannya pada 9 Februari 1962, Kohanudnas telah mampu menunjukkan peran aktifnya bagi keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas TNI. Sesuai tugasnya Kohanudnas menyelenggarakan operasi pertahanan udara dengan kekuatan inti TNI AU, didukung oleh komponen angkatan lain. Secara ideal sistem pertahanan udara nasional harus mampu mengawasi serta melindungi seluruh wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Indonesia dari kemungkinan ancaman serangan udara lawan. Terlebih pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (Perpres) Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pengamanan Wilayah Udara (Pamwilud). “Peraturan pemerintah ini hendaknya memotivasi kita semua dan instansi terkait guna mewujudkan kedaulatan udara Indonesia yang utuh,” tegasnya.
Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan, selama ini Kohanudnas telah berhasil melaksanakan penindakan terhadap pelanggaran udara dengan memaksa mendarat (force down) pesawat asing yang melintas tanpa izin. Diperlukan kerjasama yang rata antara berbagai komponen yang ada di dalam Kohanudnas. “Oleh karena itu saya menginginkan Kohanudnas membangun keterpaduan sistem komunikasi, baik audio, visual maupun data secara Tri Matra terpadu. Sinergi, interoperabilitas dan kemampuan network centric warfare harus kita bangun secara bertahap dan berkelanjutan,”tegasnya.
Usai melaksanakan upacara HUT ke-57, Pangkohanudnas melaksanakan acara syukuran sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas bertambahnya usia Kohanudnas di Gedung Aula Leo Wattimena. Acara syukuran diisi dengan ucapan rasa syukur Pangkohanudnas, pisah sambut Pangkosekhanudnas IV, pembacaan doa, pemotongan tumpeng dari Pangkohanudnas yang diberikan kepada dua personel Makohanudnas yang akan purna tugas, ramah-tamah dan dilanjutkan acara hiburan meliputi band, perkusi dan stand up comedy. (yan)

About dwidjo -

Check Also

Danrem dan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 102 PD XII/Tpr Tanam Pohon

Sampit, Koran Pelita.com Komandan Korem 102 Panju Panjung, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto bersama Ketua Ketua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *