Walikota Semarang Lepas Ribuan Calon Jemaah Haji Kota Semarang

SEMARANG,KORANPELITA – Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu melepas ribuan calon jemaah haji Kota Semarang untuk menjalankan ibadah haji di tanah suci. Pelepasan jemaah haji ditandai dengan penyematan jaket dan batik kepada petugas dan calon jemaah haji Kota Semarang di Auditorium UIN Walisongo Kampus III Kota Semarang, Kamis (9/5/2024).

“Ini merupakan kegiatan Pelepasan Calon Jamaah Haji Tahun 2024 Kota Semarang. Alhamdulillah kali ini Kota Semarang bisa mendapatkan kuota tambahan,” katanya.

Menurutnya, pada tahun 2023 lalu jumlah kuota jemaah haji untuk Kota Semarang sebanyak 1.767 orang. Angka ini meningkat menjadi 1.967 orang.

“Dari range usia juga Alhamdulillah mayoritas belum masuk Lansia (lanjut usia-red). Ya usia 45-65 ini yang paling banyak sampai 600san. (Usia-red) ini tentunya tidak akan terlalu berat saat proses haji. Kalau tahun lalu kan kebanyakan Lansia,” sebut Mbak Ita.

Apalagi Menteri Agama yang saat ini berada di Arab Saudi berpesan kalau kondisi cuaca di sana mencapai 45 derajat.

“Saya berpesan kepada jemaah agar menjaga kesehatan, apalagi kalau panas kan dehidrasi, sehingga harus banyak minum air putih, makan makanan yang bergizi,” pesannya.

Lebih lanjut, Mbak Ita menjelaskan, jika Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terus menunjukkan support dukungan kepada para jemaah.

Pemkot Semarang Berikan Bantuan Transportasi 

Selama proses perjalanan ibadah haji ini Pemerintah Kota Semarang juga memberikan support. Yang pertama transportasi berupa bus kemudian patwal vorijder, dan konsumsi bagi jemaah.

“Kalau besok kan startnya dari Islamic Center, ke Asrama Haji Donohudan kemudian baru ke bandara. Kami siapkan bus dan vorijder-nya. Kemudian untuk pengangkutan koper jemaah haji, semua berangkat dan pulangnya kami siapkan. Termasuk ada air zam zam juga,” bebernya.

Tak hanya itu, pemerintah juga menyiapkan tim kesehatan untuk membantu proses ibadah haji di tanah suci. “Ada Tim Kesehatan dari DKK dan RSWN yang akan mengawal dari Semarang sampai tanah suci dan kembali ke sini. Ini bentuk support pemerintah untuk terus melayani saudara-saudara kita yang beribadah haji,” jelasnya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Semarang, Ahmad Farid mengatakan, hari ini dalam kegiatan manasik yang kedua, sekaligus dilakukan pelepasan calon jemaah haji oleh Wali Kota Semarang yang ditandai dengan penyematan rompi dan jaket kepada petugas dan jemaah haji.

“Kami merasa terbantu dengan banyaknya fasilitas, utamanya saat kita berangkat dari kampung kita embarkasi seluruh fasilitas sudah disiapkan oleh Ibu Wali Kota dan Pemerintah Kota Semarang,” kata Farid.

Seperti diketahui, calon jemaah haji tahun 1445 H/2024 Kota Semarang tercatat 1957 jemaah, dengan rincian jemaah laki-laki sebanyak 882 jemaah dan 1.073 jemaah perempuan.

Kemudian rentang usia 18-25 tahun ada 37 jemaah, usia 26-35 tahun ada 69 jemaah. Rentang usia 36-45 ada 209 jemaah, usia 46-55 tahun 605 jemaah. Kemudian, usia 66-70 tahun 310 jemaah, usia 76-85 tahun ada 50 jemaah dan usia 86-94 tahun ada 8 jemaah.

Sementara itu, jumlah haji Kota Semarang terbagi tujuh kloter dengan dua gelombang. “Ini ada 7 kloter, dengan rentang usia paling muda berusia 18 tahun atau paling muda dan paling tua berusia 94 tahun,” kata Farid.(sup)

About koran pelita

Check Also

Tim Tenis USM dan DPRD/Pemkab Jepara Tanding Persahabatan

JEPARA,KORANPELITA – Tim Tenis USM dan Tim DPRD Jepara dan Pemkab Jepara melakukan pertadingan persahabatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca