UNM, 5 Tren AI Sebagai Teknologi Canggih Masa Depan

Jakarta,koranpelita.com —Era baru teknologi canggih di tahun 2024 ini masih didominasi oleh Artificial Intelligence (AI). Juarai teknologi canggih masa depan, AI kian diminati dan cukup familiar di kalangan generasi muda. Kecerdasan buatan atau AI ini diprediksi akan terus tumbuh secara eksponensial dengan banyak aplikasi baru bermunculan.

Teknologi AI banyak mengubah kebiasaan manusia, terutama di sektor bisnis. Awalnya, proses bisnis dikerjakan manual dan penuh effort, sekarang bisa diotomasikan dengan bantuan AI. Berikut tren utama otomatisasi dan kecerdasan buatan (AI) tahun 2024:

Strategi Bisnis

Banyak perusahaan mengimplementasi AI untuk menyusun strategi bisnis. AI digunakan untuk menganalisa pasar, memenuhi kebutuhan pelanggan, meningkatkan pelayanan pada pelanggan, juga untuk menciptakan produk layanan inovatif. Kecanggihan teknologi AI juga diperuntukkan untuk membantu membuat keputusan berbasis data yang akurat, mengidentifikasi pasar, menyesuaikan strategi bisnis secara real-time.

Otomatisasi

Otomatisasi juga diadopsi dari tren AI, sebab proses bisnis dapat berlangsung lebih fleksibel. Robotic Process Automation (RPA) banyak bantu perusahaan dalam hal meningkatkan efisiensi dan kualitas output.

Transparansi

Teknologi AI bisa bantu perusahaan untuk mengelola dan menganalisa data dalam jumlah besar secara efisien dan transparan. Sehingga, mampu memantu perusahaan dalam mengambil keputusan berbasis data.

Keamanan

Adanya AI dapat meningkatkan keamanan dalam menganalisa pola transaksi mencurigakan secara realtime dalam sektor perbankan. Dengan teknologi AI juga dapat mengidentifikasi dan merespon serangan siber secara cepat.

Redefinisi Pekerjaan

Kehadiran AI, pekerjaan yang berulang telah tergantikan dan manusia melakukan refocusing pada pekerjaan yang bersifat analisis data, pemrograman, pengolahan teknologi dan lainnya.

5 Tren AI ini tentu menjadi perhatian khusus, Tati Mardiana sebagai ketua program studi Sains Data Universitas Nusa Mandiri (UNM). Ia menegaskan Universitas Nusa Mandiri sebagai Kampus Digital Bisnis tentu harus terus mengedepankan dan mengikuti informasi tren bidang teknologi.

“Lebih khusus, tren bidang teknologi akan dicermati pada bidang AI sebab kecerdasan buatan ini masih menjadi perbincangan hangat di berbagai perusahaan. Tentu ini menjadi tantangan bagi kami di Universitas Nusa Mandiri, dalam hal meningkatkan kualitas dan kompetensi mahasiswa/i khususnya yang berada di program studi Sains Data,” papar Tati dalam wawancara, Kamis (22/2/2024).

Program studi Sains Data jenjang sarjana di Universitas Nusa Mandiri, terang Tati menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang sains data yang berkualitas dan berinovasi serta berbasis teknologi informasi.

“Kami berkomitmen menjadi program studi yang berkualitas dan berinovasi dalam mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi kumpulan data besar untuk mengembangkan solusi berbasis data yang bermanfaat bagi industri, masyarakat dan pemerintah. Karena itu, kami mengajak generasi muda yang ingin terus mengikuti tren segera bergabung di Universitas Nusa Mandiri dengan mendaftar pada laman https://pmb.nusamandiri.ac.id/,” tutupnya.(***)

About koran pelita

Check Also

Ketua MPR RI Dorong Seluruh Partai Politik Rekonsilasi dalam Koalisi Pemerintahan Presiden Prabowo

– Pertemukan Arsyad dan Rosan di Acara Open House di Kediaman Rosan Roeslani JAKARTA,KORANPELITA.COM – …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca