HARBOUR PHASE HARI KEDUA, INI KEGIATAN YANG DIGELAR LATMA MNE MILAN 2024

India,  koranpelita.com

Kegiatan Harbour Phase Latma Multilateral Naval Exercise (MNE) Milan 2024 hari kedua dilaksanakan dengan berbagai kegiatan. Diawali dengan Sports Fixtures seperti Volleyball, Basketball, Tug of War, dan Golf bertempat di Sport Center, Naval Dockyard Visakhapatnam, India, Kamis (22/02).

Kegiatan ini merupakan kegiatan olahraga bersama dimana dalam satu tim cabang olahraga berasal dari berbagai negara. Hal ini bertujuan untuk membuat para peserta latihan Latma Milan 2024 lebih akrab. Para prajurit KRI Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) yang terlibat dalam Latma MNE Milan 2024 juga turut serta berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Selain kegiatan Sports Fixtures juga dilakukan kegiatan kunjungan ke kapal induk Indian Navy, INS Vikrant, dimana seluruh Head of Delegation (HoD) negara peserta latihan berkesempatan untuk mengunjungi kapal tersebut termasuk Danguspurla Koarmada II, Laksamana Pertama TNI Amrin Rosihan Hendrotomi, S.E., sebagai HoD Indonesia yang didampingi oleh Asops Danguspurla Koarmada II, Kolonel Laut (P) Dedi Wardana, dan Komandan KRI S-367, Letkol Laut (P) Mochamad Fuad Hasan, S.E., MMDS.

INS Vikrant sendiri merupakan kapal induk pertama yang dibangun oleh India dan diluncurkan pada tahun 2015 serta beroperasi secara penuh pada tahun 2022.

Kegiatan lainnya adalah kegiatan Subject Matter Expert Exchange (SMEE) yaitu kegiatan saling berbagi dan tukar pengetahuan dari personel ahli atau expertise tiap-tiap negara peserta latihan.

Pada kesempatan tersebut, Palaksa KRI SIM-367 Mayor Laut (P) Zakaria Alimur Rijal, menjadi salah satu pembicara dengan menyampaikan materi tentang Illegal, Unreported, Unregulated Fishing (IUUF) dari perspektif Indonesia. Selain IUUF, beberapa negara peserta juga diberi kesempatan menjadi pembicara dan berbagi materi yang sudah ditentukan oleh panitia SMEE Milan 2024.

Sedangkan kegiatan di KRI SIM-367 sendiri pada hari itu berkesempatan menerima kunjungan 3 perwira Indian Navy yang akan melaksanakan women interaction programme yaitu kegiatan saling tukar pengalaman mengenai kehidupan prajurit wanita khususnya yang berada di kapal perang.

Kegiatan Harbor Phase hari kedua kemudian ditutup dengan rangkaian kegiatan Milan Opening Ceremony, Milan Village Inauguration, dan Milan Technology Exhibition 2024 (MTEX-24).

Keterlibatan TNI AL dalam Latma Milan 2024 ini merupakan bentuk pelaksanaan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang disampaikan di berbagai kesempatan bahwa TNI AL harus terus meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit matra laut terutama dimata internasional serta sebagai wujud peran diplomasi TNI AL dalam menjaga stabilitas keamanan laut dunia.(ay)

 

About ahmad yani

Check Also

TINGKATKAN KEKOMPAKAN DAN SOLIDARITAS, PRAJURIT KRI DIPONEGORO-365 LAKSANAKAN OUTBOUND DI LEBANON

Lebanon, koranpelita.com Guna meningkatkan kekompakan dan solidaritas di daerah misi, prajurit KRI Diponegoro-365 (KRI DPN-365) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca